nusabali

Puluhan Anjing di Nyanglan Disteril

  • www.nusabali.com-puluhan-anjing-di-nyanglan-disteril

SEMARAPURA, NusaBali - Dinas Pertanian Klungkung bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Bali menggelar vaksinasi dan sterilisasi atau kebiri anjing di Desa Nyanglan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Senin (19/6).

Kadis Pertanian Klungkung, Ida Bagus Juanida, mengatakan vaksinasi dan sterilisasi ini sebagai upaya pencegahan penularan virus rabies. "Anjing betina yang disterilisasi sebanyak 14 ekor dan anjing jantan 26 ekor. Dilakukan oleh tim dokter profesional dan gratis," ujar Juanida.

Anjing yang divaksinasi sebanyak 143 ekor, kucing 23 ekor, dan 1 ekor kera. Vaksinasi dipusatkan di balai banjar dan mendatangi langsung rumah warga yang memiliki anjing peliharaan. "Antusias warga sangat tinggi membawa anjingnya untuk divaksin, ini efek dari banyaknya kasus gigitan anjing dan rabies di Bali," ujar Juanida.

Vaksinasi anjing maupun Hewan Penular Rabis (HPR) di Kabupaten Klungkung hingga saat ini mencapai 43 persen atau 10.448 ekor dari target sebanyak 21.137 hewan. Kasus gigitan anjing berdasarkan data Dinas Pertanian Klungkung hingga 12 Juni 2023 sebanyak 45 kasus. Sampel positif rabies sebanyak 27 ekor dan negatif rabies sebanyak 18 ekor. 7 wan

Komentar