nusabali

PAZDG Antar Undiksha Raih Juara Nasional

  • www.nusabali.com-pazdg-antar-undiksha-raih-juara-nasional

SINGARAJA, NusaBali - Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional. Kali ini datang dari Kompetisi & Expo Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Tidar pada 10-11 Juni 2023. 

Tim Undiksha yang terdiri atas I Gede Artha Wibawa, Kartika Nikova, Nyoman Dewi Ratna Iswara, dan Putu Suardana meraih juara I.

Pada ajang yang diikuti seratusan tim ini, tim Undiksha membuat ide bisnis bernama PAZDG dengan konsep digitalisasi pasar tradisional. Melalui platform ini, pedagang pasar tradisional diharapkan dapat diberdayakan dengan optimal. 

Aplikasi ini mengusung 4 fitur, yaitu fitur One Click: berbelanja menu kebutuhan pasar dengan satu klik resep; fitur Gudang Resep: melihat berbagai resep menu Indonesia; fitur Masuk Pasar: Fitur mencari dan melihat pasar terdekat lengkap dengan dagangannya; dan fitur Katalog Pasar: fitur jual beli produk pasar lengkap dengan informasi dan foto.

Perwakilan tim, Kartika Nikova mengatakan pembuatan ide bisnis ini dihadapkan dengan tantangan, yaitu pasar tradisional memiliki konsep heterogen dengan pedagang memiliki produk jualan yang berbeda-beda. Tantangan lainnya adalah rata-rata pegadang berasal dari petani yang kurang fasih dengan konsep e-Commerce. “Hal ini menyebabkan proses branding dan kerjasama terkendala,” jelasnya.

Pretasi yang diraih menjadi kebanggan tim. “Ada beberapa hal yang membuat lomba ini berbeda.  Jarak yang jauh memakan banyak waktu, sehingga waktu kami untuk mempersiapkan sangat sedikit. Ditambah  banyaknya barang yang harus dibawa untuk expo dan pameran. Apalagi anggota tim saat ini sedang magang semuanya. Bisa keluar menjadi juara 1 merupakan hal di luar prediksi yang sangat kami syukuri,” imbuhnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat, dan Alumni Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd memberikan apresiasi atas raihan prestasi ini. “Kami dari pimpinan turut berbangga dengan prestasi ini,” katanya. 

Ke depan, diharapkan prestasi mahasiswa Undiksha terus tumbuh, utamanya dari kompetisi tingkat nasional dan internasional. “Selain penting untuk pemeringkatan universitas, prestasi ini juga penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan daya saing,” pungkasnya. 7

Komentar