nusabali

Distan Vaksinasi 7 Anjing Liar di Kelurahan Penatih

  • www.nusabali.com-distan-vaksinasi-7-anjing-liar-di-kelurahan-penatih

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian kembali melakukan vaksinasi rabies pada sejumlah anjing, Sabtu (17/6), di wilayah Kelurahan Penatih, Denpasar Timur.

Hal ini dilakukan usai Distan mendapatkan laporan dari masyarakat, terkait adanya sejumlah anjing liar di wilayah tersebut.

Rabies atau penyakit anjing gila merupakan penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat manusia dan hewan berdarah panas. Penyakit ini dapat menular ke manusia melalui gigitan hewan seperti anjing, kucing, kelelawar, dan kera yang terinfeksi virus rabies.

Kepala UPT Puskeswan Dinas Pertanian Kota Denpasar drh Ketut Ayu Meidiyanti, mengemukakan dari pelaksanaan vaksinasi rabies ini, setidaknya ada 7 ekor anjing liar yang berhasil divaksinasi. 

“Sebelumnya kami mendapat laporan dari masyarakat terkait adanya sejumlah anjing liar tanpa pemilik. Jadi, kami gerak cepat untuk mendatangi lokasi dan ada sekitar 7 ekor anjing yang berhasil kami vaksinasi,” kata drh Meidiyanti.

Dikatakannya, penyakit rabies bisa dicegah dengan segera membawa pasien yang tergigit anjing ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksin anti rabies (VAR).

“Masyarakat juga diimbau untuk jangan melepasliarkan hewan peliharaannya, dan menghindari kontak dengan anjing liar,” imbuh drh Meidiyanti. 7 bin

Komentar