nusabali

Jembrana Gelar Upacara Pamarisudha Bhumi di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-jembrana-gelar-upacara-pamarisudha-bhumi-di-gilimanuk

NEGARA, NusaBali - Umat Hindu di Bali serentak menggelar Upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali, pada Redite Kliwon Tolu, Minggu (18/6).

Di Kabupaten Jembrana sendiri, pelaksanaan Upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali dipusatkan di Taman Siswa, pinggir Teluk Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana. Upacara yang dipuput oleh sembilan sulinggih di Jembrana ini, turut dihadiri Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat), Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana. Begitu juga ikut serta pada jajaran OPD Pemkab Jembrana, unsur PHDI, Majelis Desa Adat serta masyarakat setempat. 

Wabup Ipat mengungkapkan, Upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali ini dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas asung kerta wara nugraha (anugerah) yang diberikan selama ini. Sekaligus mohon maaf atas kesalahan-kesalahan yang dilakukan secara tidak disengaja. 

"Selain itu, upacara ini juga bermakna untuk persembahan, penyucian, mensthanakan, dan penyelamatan serta memohon agar Jagat Jembrana dan Bali pada umumnya diberikan kesucian, kesempurnaan serta kerahayuan," ujar Wabup Ipat. 

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Jembrana I Made Tarma menjelaskan, upacara ini serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten se-Bali yang dipusatkan di Lapangan Bajra Sandi Renon, Denpasar. Di Jembrana sendiri dilaksanakan di Taman Siwa, Gilimanuk, yang menjadi wilayah ujung barat pulau Bali. "Upacara ini dipuput oleh sembilan Sulinggih yang ada di Kabupaten Jembrana. Dengan banten upakara manca kelud,"ucap Tarma. 7ode

Komentar