nusabali

Tim Catur Putra Ditarget Juara Zona di Pra PON

  • www.nusabali.com-tim-catur-putra-ditarget-juara-zona-di-pra-pon

MANGUPURA, NusaBali - Pengprov Percasi Bali mentargetkan tim catur putra juara zona atau wilayah dalam Kualifikasi atau Pra PON pada pekan ketiga Agustus 2023 di Palangkaraya.

Sedangkan tim putrinya diwajibkan tembus delapan besar dalam Pra PON, yang akan berlangsung pada pekan 2-3 November 2023 di Jawa Barat. 

Sekretaris Umum Pengprov Percasi Bali, Putu Widhiari, Jumat (16/6) mengatakan, informasi yang didapat sifatnya lisan, jadi belum ada surat resmi. Wanita mantan atlet catur itu kini menunggu surat resmi dari PB Percasi. 

"Semua itu masih sebatas informasi lisan, dan kepastian tanggal Pra PON secara resmi juga belum dikirim PB Percasi termasuk petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknisnya (juknis)," kata Putu Widhiari. 

Menurut Putu Widhiari, informasi lainnya untuk putra akan dimainkan di setiap zone dan Bali masuk zone Kalimantan yang terdiri dari enam provinsi, yakni Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Sedangkan tim putri tidak menggunakan zone jadi semua provinsi bertemu. 

“Tiap provinsi tim putra yang boleh turun hanya lima pecatur tanpa cadangan, demikian juga untuk tim putri,” kata Widhiari. 

Widhari pun menargetkan tim catur Pra PON putra dan putri Bali lolos ke PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Meski belum ada surat resmi termasuk juklak dan juknis, kata Widhari, perkiraan sistim yang dipertandingkan di Pra PON 2023 tidak jauh beda dengan babak kualifikasi sebelumnya. 

“Rencananya tim putra yang juara zone langsung lolos PON 2024 sedangkan peringkat 2-3 di zone akan mengikuti play off bersamaan dengan Pra-PON catur untuk putri,”kata Widhari. 

Sedangkan untuk putri, pecatur yang masuk delapan besar akan lolos ke PON 2024. Dalam PON 2024 nanti akan menggelar catur standar, cepat dan kilat untuk perorangan dan beregu.dek

Komentar