nusabali

Maria Londa Kembali Ikut Pelatnas

  • www.nusabali.com-maria-londa-kembali-ikut-pelatnas

JAKARTA, NusaBali - Atlet lompat jauh dan lompat jangkit asal Bali, Maria Natalia Londa kembali masuk Pelatnas setelah direview Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Tim NOC (National Olympic Committee) Indonesia.

Menurut Manager Tim Atletik Indonesia Mustara Musa, Maria menjalani latihan di Pelatnas Asian Games 2023 sejak 1 Juni lalu.

"Setelah SEA Games 2023 Kamboja, atlet atletik hanya pulang sebentar ke daerah masing-masing. Ada 15 atlet yang dipanggil, salah satunya Maria Londa dari Bali," ujar Mustara, Kamis (15/6).

Maria Londa, kata Mustara, berlatih di Stadion Madya Senayan, Jakarta Pusat. Dia berlatih dari Senin hingga Sabtu, tiap pagi pagi dan sore, kecuali Sabtu latihannya satu sesi dan Minggu libur.

Maria Londa kembali masuk Pelatnas, karena dia peraih medali emas lompat jauh SEA Games 2023 Kamboja sehingga dilanjutkan ke Asian Games 2023 dan hanya turun di lompat jauh. Sebab, prestasi Maria di lompat jangkit saat SEA Games 2023 Kamboja  hanya meraih medali perak dengan lompatan 13,50 meter. 

Sebelum turun ke Asian Games Hangzhou, China pada 23 September hingga 8 Oktober 2023, Maria menjalani ujicoba di Kejuaraan Asia di Bangkok, Thailand, 12-16 Juli 2023.

"Kejuaraan Asia jadi sasaran antara ke Asian Games. Diharapkan, Maria dapat melakukan lompatan sejauh 70-80% dari lompatan terbaiknya. Sedangkan 100% atau puncaknya di Asian Games," kata Mustara. Catatan terbaik Maria di lompat jauh sejauh 6,70 meter saat SEA Games 2015 Singapura dan meraih medali emas. Di Asian Games 2023, Maria ditargetkan memecahkan rekord pribadinya tersebut. 

"Di Asian Games nanti, Maria diharapkan bisa mendapatkan new personal bestnya," papar Mustara.

Asian Games 2023 merupakan keikutsertakan ketiga kali bagi anak pertama dari tiga bersaudara itu. Pertama, Maria turun di Asian Games 2014 Inceon, Korea Selatan. Di sana, Maria meraih medali emas dengan lompatan 6,55 meter. Lalu Asian Games 2018 Jakarta (Indonesia).

Namun, Maria gagal mempertahankan prestasinya saat Indonesia jadi tuan rumah Asian Games. Dia hanya di peringkat kelima dengan lompatan 6,45 meter.k22

Komentar