nusabali

Lomba Desa Tingkat Provinsi, Desa Ekasari Perebutkan 3 Besar

  • www.nusabali.com-lomba-desa-tingkat-provinsi-desa-ekasari-perebutkan-3-besar

NEGARA, NusaBali - Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, didapuk mewakili  Kabupaten Jembrana untuk mengikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali tahun 2023. 

Menariknya, Desa Ekasari yang sebelumnya menjadi jawara dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Jembrana tahun 2023 ini, juga dinyatakan masuk nominasi 3 besar untuk perebutan kandidat jawara Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali.

Hal tersebut terungkap saat Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali turun melakukan penilaian ke Desa Ekasari, Selasa (13/6). Kehadiran tim penilai yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD  Provinsi Bali, Si Ngurah Made Arya Astawa, ke Desa Ekasari ini turut disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jembrana, I Made Budiasa bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jembrana Gusti Ayu Ketut Candrawati alias Candrawati Tamba.

Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali, Si Ngurah Made Arya Astawa menyampaikan, tahap penilaian saat itu merupakan klarifikasi dari penyampaian materi yang sebelumnya telah dipaparkan kepada tim penilai. Menurutnya, Desa Ekasari di Jembrana ini adalah desa yang pertama dijajaki tim penilai dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Bali ini.

"Ini menjadi tahapan kesekian dari penilaian lomba desa tingkat provinsi. Dan yang luar biasanya untuk tahun ini, Desa Ekasari masuk 3 besar. Jadi akan bersaing dengan Desa Gubug dari Kabupaten Tabanan dan Desa Tegal Arum dari Kota Denpasar," ucap Arya Astawa yang juga Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bali.

Arya Astawa menegaskan, bahwa kekompakan dalam membangun desa adalah prinsip wajib. Dirinya pun menegaskan bahwa kekompakan dari masyarakat beserta para stakeholder terkait, menjadi salah satu indikator penilaian dalam lomba desa ini. "Karena membangun desa tidak bisa dikelola sendiri. Tetapi harus melibatkan peran serta semua pihak. Seperti lintas sektoral, pemerintah kecamatan, dinas terkait di tingkat kabupaten," ujarnya.

Sementara Perbekel Ekasari I Gede Puja mengaku, merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada Desa Eksari ini. Dirinya pun mengaku berupaya agar Desa Ekasari bisa menjadi jawara. "Ya, tentunya ini menjadi suatu motivasi kita untuk memberikan yang terbaik bagi Desa, Kecamatan dan Kabupaten Jembrana. Dengan persiapan yang matang, kita optimis akan mendapatkan hasil yang baik. Bahkan memperoleh juara pertama," ujarnya.

Sementara Sekda Budiasa dalam membawakan sambutan Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan, apa yang dilakukan di Desa Ekasari ini, sekiranya membawa berkah menuju juara pertama di tingkat provinsi. Gelaran lomba desa ini, menjadi salah satu lomba bergengsi yang dilaksankan berjenjang mulai tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, regional hingga tingkat nasional. 

"Oleh karena itu, kita semua berharap Desa Ekasari menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Bali. Sehingga menjadi contoh bagi desa lain, sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat," ujar Sekda Budiasa. 7ode

Komentar