nusabali

Singkirkan Korsel, Italia Hadapi Uruguay di Final

  • www.nusabali.com-singkirkan-korsel-italia-hadapi-uruguay-di-final

BUENOS AIRES, NusaBali - Uruguay dan Italia menyingkirkan lawan-lawannya dalam laga semifinal pada Jumat (8/6) dinihari WITA. Kemenangan mereka pun memastikan diri kedua tim melaju ke final Piala Dunia U20.

Uruguay yang bermain lebih dulu menang 1-0 atas tim kejutan Israel dalam laga di Stadion Diego Maradona, La Plata. Setelah itu, di tempat yang sama,  Italia menang 2-1 atas Korea Selatan (Korsel).

Sedangkan Israel yang mampu mengejutkan sekaligus menyingkirkan tim favorit Brasil pada perempatfinal, laju bagus mereka terhenti sampai fase empat besar.

Pada babak pertama, kiper Israel Tomer Zarfati menggagalkan upaya penyerang Uruguay Anderson Duarte. Peluang berikutnya milik Duarte membentur tiang gawang.

Namun perlawanan Israel hanya mampu dipertahankan sampai menit ke-61. Tembakan Franco Gonzalez membentur tiang gawang, tetapi Duarte menyambar bola pantul dan dikonversi jadi gol kemenangan.

Hasil itu jadi ketiga kalinya Uruguay melaku ke final Piala Dunia U20. Mereka kalah adu penalti dari Prancis pada 2013, dan ditaklukkan Argentina pada 1997.

Pada laga setelahnya, Cesare Casadei dan Simone jadi pahlawan Italia berkat dua gol yang mereka sumbangkan dalam laga lawan Korsel. Italia sempat gagal memaksimalkan kesalahan kiper Korsel mengantisipasi tendangan sudut Tommaso Baldanzi, karena sepakannya kembali gagal berbuah gol.

Namun Casadei memecah kebuntuan pada menit ke-14, setelah Italia menerapkan permainan menekan tinggi (high press) untuk merebut bola. Tendangan dari tepi kotak penalti gagal ditahan kiper Korsel. Itu sekaligus menjadi gol ketujuh Casadei pada Piala Dunia U20 tahun ini.

Keunggulan Italia bertahan hingga menit ke-23, usai Korsel mendapat hadiah penalti. Mattia Zanotti menjegal Bae Jun-ho untuk membuat wasit menunjuk titik putih. Lee Seung Won pun sukses mengonversi penalti. Skor imbang 1-1 bertahan sampai turun minum.

Italia banyak menekan Korsel sepanjang babak kedua. Masuknya pemain pengganti Pafundi menjadi pembeda. Bola tendangan bebas pemain Udinese itu dari tepi kotak penalti mampu menghindari pagar betis lawan, dan melesak ke sudut atas gawang Korsel pada menit ke-86. Italia pun menang 2-1 dan lolos ke final menantang Uruguay. ant

Komentar