nusabali

Punya Kedekatan Budaya, India Menyodok di 2 Besar Wisman ke Bali

  • www.nusabali.com-punya-kedekatan-budaya-india-menyodok-di-2-besar-wisman-ke-bali

DENPASAR, NusaBali - Wisatawan manca negara (wisman) India bercokol di posisi kedua dari 10 besar wisman yang datang ke Bali.  Setidaknya hal itu ditunjukkan dari kedatangan  wisman ke Bali dalam  rentang waktu 4 bulan, Januari-April 2023. Dalam kurun  waktu tersebut, jumlah wisman India tercatat 114.156.

Memang masih di bawah  wisman negeri Kanguru, Australia sebanyak 366.957. Namun itu menunjukkan semakin menguatnya segmen pasar India untuk pariwisata Bali.

“Sekarang ini wisman India yang semakin ramai,” ujar  Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI)Bali, I Komang Puji, Kamis (8/6).

Menurut Komang Puji, menguatnya pasar wisman India di Pulau Dewata memberi dampak positif bagi para guide atau pramuwisata di Bali. Terutama bagi pemandu  wisata Divisi Bahasa Inggris.

“Banyak teman- teman guide Inggris menghandle wisman India,” jelas Komang Puji, Sekretaris HPI Bali, yang asal Karangasem.

Tentu saja, mengembirakan, karena semakin banyak wisman India memberi dampak. Tidak saja bagi pemandu, tetapi juga kepariwisataan Bali, tentunya makin banyak bisa  menggaet wisatawan, khususnya wisman.

“Dulu mungkin banyak (wisman India) yang cukup diantar driver saja, sekarang mereka meminta dipandu guide (pramuwisata),” papar Komang Puji.

Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjokorda Bagus Pemayun menyatakan  salah satu faktor makin ramainya wisman India ke Bali,  karena kedekatan culture atau budaya.  Kata dia, sebagaimana diketahui ada kedekatan dan kemiripan  budaya Pulau Seribu Pura ini dengan India.

 “Saya kira itu yang mendorong.” Dan yang tak kalah penting  adalah Bali sebagai destinasi wisata dunia yang dikenal yang aman dan nyaman dan ramah penduduknya.

“Aman dulu, baru nyaman, sehingga wisatawan pun datang,”  terang Tjok Bagus Pemayun.

Dikatakan sejauh ini, wisman India belum punya catatan negatif alias belum tercatat  berulah saat berwisata di Bali.

Data dari Januari-April total wisman ke Bali  sebanyak 1.449.691. Dari jumlah  tersebut, wisman Australia yang  terbanyak  yakni 366.957. Kedua wisman India 114.156. Ketiga wisman Inggris 73.456, Amerika 71.416 di posisi keempat.

Selanjutnya di ranking 5 adalah wisman asal Singapura 71.416, ke-6 wisman  Malaysia 63.404. Posisi ke -7 Korea Selatan 61.015. Rangking ke -8, wisman asal  China.  Sedang rangking -9 dan -10 masing-masing wisman dari Jerman dan Prancis, 50.226 dan 45.109. Wisman dari negara- negara lainnya 481.936. k17

Komentar