nusabali

KPU Badung Terima 18 Bacaleg Tambahan dari Perindo

  • www.nusabali.com-kpu-badung-terima-18-bacaleg-tambahan-dari-perindo

MANGUPURA, NusaBali.com - DPD Partai Perindo Badung menambah 18 daftar nama bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Badung dari 8 nama yang sebelumnya didaftarkan ke KPU Kabupaten Badung.

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta menjelaskan bahwa partai politik (parpol) diizinkan menambah daftar nama bacaleg asal sebelumnya sudah mendaftar dalam tenggat masa pendaftaran. Kemudian, parpol yang ingin menambah daftar bacaleg harus lebih dulu melapor ke KPU RI.

Dari laporan parpol, KPU RI menerbitkan Surat KPU RI Nomor 495/PL.01.4-SD/05/2023 tertanggal 17 Mei 2023. Pada prinsipnya menginstruksikan KPU di tingkat provinsi dan kabupaten untuk menindaklanjuti permohonan penambahan daftar bacaleg.

"Kebetulan di Badung hanya Partai Perindo yang melakukan penambahan bacaleg. Untuk parpol lain menyatakan tidak menambah bacaleg lagi setelah bersurat secara resmi kepada kami," buka Semara Cipta ketika dikonfirmasi pada Jumat (2/6/2023) siang.

Lanjut Ketua KPU Badung yang akrab disapa Kayun, total bacaleg yang bakal bertarung di Badung menjadi 546 orang. Di mana, sebanyak 333 orang adalah bacaleg laki-laki dan 213 orang lain merupakan kalangan perempuan. Jadi secara keseluruhan, bacaleg perempuan mengisi 39 persen komposisi petarung kursi DPRD Badung.

"Berdasarkan regulasi, parpol hanya diizinkan menambah nama bacaleg belum sampai tahap penggantian. Penggantian baru bisa dimulai Kamis (14/9/2023) setelah pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) berakhir pada Rabu (23/8/2023)," imbuh Kayun.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Perindo Badung Endang Axioma membeberkan penambahan bacaleg dilakukan untuk mengisi tiga dari enam daerah pemilihan (dapil) yang sempat kosong. Pada masa pendaftaran, Perindo Badung hanya mengirimkan 8 nama untuk mengisi di tiga dapil.

"Kami mengisi dapil yang kosong di Abiansemal, Petang, dan Kuta. Kemudian ada tambahan masing-masing satu di dapil Mengwi dan Kuta Utara. Jumlah bacaleg kami di dapil Kuta Selatan tetap sama,” ungkap Endang kepada NusaBali.com saat dikonfirmasi pada Jumat sore.

Di dapil Abiansemal, Perindo mengisi penuh kuota dengan 9 bacaleg, demikian pula dapil Petang dengan tiga bacaleg. Sementara dapil Kuta diisi empat bacaleg dari kuota berjumlah lima. Dengan demikian, ada total 16 bacaleg yang diplot mengisi tiga dapil yang sebelumnya dikosongkan.

Sementara itu, ada pula dapil yang pasukan tarungnya ditambah oleh Perindo Badung. Mengwi misalnya ditambah satu bacaleg, yang sebelumnya dipasang tiga saja dari kuota 11 kursi. Selanjutnya, dapil Kuta Utara yang sebelumnya dua bacaleg, ditambah satu kursi, menyisakan empat kuota kursi kosong.

Dengan mengatrol jumlah bacaleg dari satu digit menjadi 57 persen dari kuota, Endang dan kawan-kawan berusaha memperluas peluang lolos ke DPRD Badung. *rat

Komentar