nusabali

TC Desentralisasi Kempo, Fokus Teknik Bertanding

  • www.nusabali.com-tc-desentralisasi-kempo-fokus-teknik-bertanding

DENPASAR, NusaBali - Training Camp (TC) Desentralisasi atlet Pra PON cabang olahraga kempo menjalani latihan 4 kali dalam seminggu di Dojo PLN Denpasar. Latihan 4 kali tiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu itu kini mulai fokus peningkatan teknik bertanding.

"Kita sudah rutin latihan bersama 4 kali dalam seminggu, jadi para kenshi mulai diarahkan fokus tatap babak kualifikasi pada 20-24 Agustus 2023 nanti di Surabaya, Jawa Timur," ucap Waketum Pengprov Perkemi Bali, Fredrik Billy, Selasa (30/5). 

Dengan latihan 4 kali dalam seminggu, lanjut Billy, atlet bisa semakin fokus menatap Pra PON. Kata Fredrik Billy yang juga Sekretaris DPD Peradi Denpasar, gelaran Pra PON sudah semakin dekat hitungan 2,5 bulan ke depan. Untuk itu volume latihan dan TC Desentralisasi mulai diarahkan digeber secara teratur di bawah komando pelatih Made Mandiyasa yang selama ini langganan sebagai pelatih kempo Bali. 

Sebelumnya, pada bulan Maret-April, kenshi Pra PON memang lebih difokuskan untuk fisik. Para atlet rutin menjalani program fisik di Lapangan Niti Mandala, Denpasar. Namun untuk saat ini beralih ke peningkatan teknik atlet. Teknik perlahan ditingkatkan sekaligus tetap menjaga fisiknya agar tetap prima. 

"Teknik sudah pasti diperbanyak sampai 100 persen jelang hari H bertanding, sedangkan fisik tetap dijaga. Semua itu pelatih yang menentukan ritme program latihannya," beber Fredrik Billy. 

Kata dia, karena sudah fokus pada teknik, pihaknya ada rencana mendatangkan pelatih berpengalaman dari PB Perkemi. Bukan bermaksud dalam artian menyepelekan pelatih murni lokal, tetapi biar ada penambahan teknik dan mematangkan mental bertanding. Kenshi diyakini akan lebih percaya diri untuk menampilkan permainan terbaiknya di Pra PON nanti, sebab rivalitas ketat sudah pasti akan tersaji. 

"Bulan ini kita datangkan pelatih, semacam sifatnya pematangan saja. Karena sejatinya kita juga punya pelatih dengan kualitas yang cukup bagus. Ini untuk menambah motivasi saja agar atletnya lebih percaya diri," papar Fredrik Billy. 

Menanggapi soal try out, mantan peraih medali emas PON ini memastikan tidak ada uji coba lagi ke depannya. Kata dia, termasuk tidak bakal mengikuti kejuaraan kecil - kecilan di Indonesia. Melainkan fokus tatap Pra PON, dan siap tampil dengan target 3 medali emas dari 22 nomor atau medali emas yang diperebutkan. 7dek

Komentar