nusabali

Truk Pengangkut Beton Tergelincir

  • www.nusabali.com-truk-pengangkut-beton-tergelincir

BANGLI, NusaBali - Sebuah truk khusus pengangkut campuran beton curah siap pakai (truck mixer) mengalami kecelakaan tergelincir di ruas jalan Banjar Manuk, Desa Susut, Sabtu (20/5) sore.

Truk untuk kegiatan rekonstruksi jalan Penatahan - Susut, Kecamatan Susut, Bangli, ini baru bisa dievakuasi pada Minggu (21/5) siang.

Pejabat Pembuat Komitemen (PPK)  kegiatan rekonstruksi jalan Susut - Penatanan I Ketut Susila Suarjaya, membenarkan truk pengangkut campuran beton tersebut mengalami insiden. Sebelum kejadian, truk bermuatan beton itu melaju dari arah timur ke barat. Saat bersamaan dari arah berlawanan melaju kendaraan lain. 

Karena kondisi jalan yang sempit, sopir truk berusaha mengambil haluan ke kiri agar tidak terjadi tabrakan. Namun, kondisi bahu jalan labil menyebabkan truk sarat beban tersebut tergelincir.  “Musibah ini terjadi karena ke pengemudi truk kurang hati-hati. Dia tidak memperhatikan kondisi jalan,” jelasnya, Minggu (21/5).

Akibatnya, campuran beton di tabung bak truk tumpah di sekitar lokasi. Pada saat itu, badan truk belum bisa dievakuasi. Karena kondisi mulai gelap hingga proses evakuasi dilakukan esok hari, Minggu kemarin.

"Evakuasi ini memakai mobil derek. Diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk menarik mobil tersebut hingga ke badan jalan," sebutnya.

Kata Susila Suarjaya, kegiatan rekonstruksi jalan tersebut  pengerasan bahu jalan sepanjang 1.9650 meter dengan beton. Selain pengerasan bahu jalan juga pembuatan dinding penyangga tebing jalan, dan pengaspalan.  "Rekonstruksi jalan ini memakai anggaran sekitar 2,6 miliar," imbuhnya.7esa

Komentar