nusabali

Polsek Abiansemal Gelar Lomba Linmas, Adu Keterampilan PBB dan TPTKP

  • www.nusabali.com-polsek-abiansemal-gelar-lomba-linmas-adu-keterampilan-pbb-dan-tptkp

MANGUPURA, NusaBali.com - Polsek Abiansemal bakal menggelar lomba melibatkan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang diikuti oleh 18 desa pada 30-31 Mei 2023 mendatang di Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani.

Satuan pengamanan yang dikenal khas dengan seragam serba hijau ini sedang diasah dua keterampilan oleh bhabinkamtibmas masing-masing. Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) adalah dua hal yang akan dipertandingkan.

PS Kanit Binmas Polsek Abiansemal Iptu I Made Sujartana menjelaskan masing-masing Linmas mengirim 25 petugas ini dan enam petugas cadangan. Di mana, masa perlombaan akan dibagi menjadi dua hari dengan 9 tim di hari pertama dan 9 tim di hari kedua.

"Lomba Linmas ini kami pusatkan di Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani. Ada 18 tim dari seluruh desa di Kecamatan Abiansemal yang kami bagi menjadi dua hari perlombaan," tutur Sujartana saat menjumpai perwakilan Linmas di Kantor Camat Abiansemal pada Jumat (19/5/2023).

Lomba Linmas ini dinilai sebagai wadah untuk mengembangkan petugas Linmas yang lebih berkompeten dan profesional. Dua keterampilan yang dilombakan pun cukup relevan terhadap upaya peningkatan disiplin dan keterampilan dalam mendukung dan membantu tugas Polri.

PBB sendiri memerlukan keteraturan dan kerja sama tim sehingga diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan. Sedangkan TPTKP mendukung petugas Linmas agar mampu memberikan respons dan penanganan cepat sebelum Polri sampai di lokasi kejadian.

"Di hari pertama nanti tanggal 30 Mei ada Desa Abiansemal, Desa Sedang, Desa Bongkasa, Desa Sangeh, Desa Blahkiuh, Desa Mambal, Desa Mekar Bhuana, Desa Taman, dan Desa Sibanggede. Di hari kedua ada lagi 9 desa," imbuh Sutarjana.

Kesembilan desa yang mengirim Linmas mereka di hari kedua adalah Desa Angantaka, Desa Darmasaba, Desa Sibangkaja, Desa Punggul, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Desa Jagapati, Desa Ayunan, Desa Bongkasa Pertiwi, dan Desa Selat.

Hingga tiba hari perlombaan nanti, para anggota Linmas di masing-masing desa tengah digembleng oleh babhinkamtibmas masing-masing. Bahkan seperti di Desa Selat, waktu latihan pun diambil petang menjelang malam guna mengikuti jadwal dan kesibukan anggota Linmas. *rat

Komentar