nusabali

Disdik Tabanan Siapkan PPDB 2023

  • www.nusabali.com-disdik-tabanan-siapkan-ppdb-2023

Keinginan wali murid yang menginginkan anaknya bisa masuk sekolah favorit masih menjadi persoalan yang harus dicarikan jalan keluarnya.

TABANAN, NusaBali
Terkait akan dilaksanakannya Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023, Komisi IV DPRD Tabanan memanggil Dinas Pendidikan Tabanan pada Jumat (19/5). 

Ada sejumlah catatan yang diberikan Komisi IV, salah satunya Disdik diminta membangun kualitas pendidikan merata utamanya di jenjang SMP. Ini dilakukan untuk mengantisipasi keinginan siswa dan orang tua masuk sekolah favorit padahal sudah tak memenuhi persyaratan. 

Dari rapat itu untuk tahun 2023, lulusan TK sebanyak 7.319 siswa, sementara daya tampung mencapai 8.656 siswa, kemudian untuk lulusan SD sebanyak 5.276 siswa dengan daya tampung 6.520 siswa. Sementara lulusan SMP berjumlah 5.798 siswa untuk daya tampung masih akan dikoordinasikan ke Disdik Provinsi Bali. 

Ketua Komisi IV DPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana menegaskan, rapat yang dilakukan bersama Disdik Tabanan untuk mempersiapkan PPDB Tahun 2023. Salah satunya mencari solusi menyikapi  keinginan masyarakat pada setiap PPDB selalu ingin masuk sekolah favorit. Padahal semua sekolah sama. "Karena banyak ingin masuk sekolah favorit, sekolah yang dianggap tidak favorit kekurangan siswa," ujarnya. 

Untuk itu dia meminta Dinas Pendidikan berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan di semua sekolah. Bagaimana pun caranya agar semua sekolah diminati. "Padahal untuk sekolah favorit sudah dihapus, namun stigma dan ingatan masyarakat susah untuk menghilangkan. Untuk itu Disdik harus menyiapkan sekolah yang sama," tegas Wastana. 

Seperti salah satunya, di SMPN 5 Kediri dan SMPN 6 Tabanan yang merupakan sekolah baru masih banyak kekurangan sarana dan prasarana. "Ini harus segera ditindaklanjuti. Padahal dalam setiap tahunnya PPDB menggunakan sistem yang sama serta dibagi menjadi 4 jalur, afirmasi, zonasi, prestasi dan perpindahan orangtua," tegasnya. 

Yang jelas, tegas Wastana, PPDB di tahun 2023 tidak ada siswa yang tidak mendapat sekolah, terutama yang menggunakan jalur afirmasi. "Kami juga akan terus kawal nanti, mulai dari persiapan hingga nanti sampai selesai," tandas politisi PDIP asal Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan ini. 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Gusti Ngurah Darma Utama mengatakan proses PPDB di Tabanan masih dalam persiapan. Dan untuk anggaran dialokasikan Rp 200 juta untuk sistem, pengadaan sistem Rp 165 juta termasuk daya dukung yang lain. 

"Kami harapkan agar komisi 4 DPRD Tabanan ikut dalam mengawasi dan mensosialisasikan pelaksanaan PPDB dan memberikan apa yg menjadi pusat pengaduan dari masyarakat," harapnya. 

Sementara untuk pelaksanaan PPDB jenjang TK akan digelar secara luring di masing-masing TK di Tabanan. Kemudian jenjang SD juga sama dengan pendataan dimulai dari  29 Mei-3 Juni 2023. Pendaftaran 12-15 Juni 2023, verifikasi 12-15 Juni 2023, pengumuman 17 Juni 2023 dan daftar ulang 19-21 Juni 2023.

Kemudian untuk jenjang SMP, Dinas Pendidikan juga menyediakan pendaftaran secara online dengan jadwal pendaftaran dimulai 12-14 Juni 2023 dan pengumuman 16 Juni 2023. Pendaftaran zonasi 19-21 Juni 2023 dengan pengumuman 23 Juni 2023 dan daftar ulang mulai tanggal 25-28 Juni 2023. 7des

Komentar