nusabali

Bupati Suwirta Tinjau Bakti Saraswati di Museum Semarajaya

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tinjau-bakti-saraswati-di-museum-semarajaya

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau Bakti Saraswati dengan kegiatan konservasi lontar di areal Museum Semarajaya, Kota Semarapura, Klungkung, Selasa (16/5).

Bupati Suwirta menginginkan semua lontar di Kabupaten Klungkung dikonservasi untuk menjaga kelestarian lontar tersebut. “Mari masyarakat Klungkung yang punya lontar bekerja sama dengan pemerintah daerah dan Penyuluh Bahasa Bali dalam melakukan konservasi lontar,” ajak Bupati Suwirta.

.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini juga berpesan selain merawat lontar, juga menurunkan isi lontar agar pengetahuan dalam lontar dapat digunakan dengan baik oleh generasi penerus. Sekretaris Dinas Kebudayaan Klungkung I Nengah Udayana mengatakan, konservasi lontar berlangsung selama sehari. 

Konservasi lontar kerja sama antara Dinas Kebudayaan Klungkung, UPTD Museum Semarajaya, dan Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Klungkung. Bakti Saraswati bertujuan melakukan konservasi lontar di Kabupaten Klungkung. Sebanyak 58 cakep lontar milik Museum Semarajaya dan 26 cakep milik masyarakat dikonservasi. @ wan

Komentar