nusabali

Gerindra Siapkan Saksi Berlipat

Tetap Waspada, Kawal Suara di Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-gerindra-siapkan-saksi-berlipat

Selain menempatkan 2 orang saksi di masing-masing TPS, DPC Gerindra Denpasar melapis kekuatan saksi dengan 5 relawan di masing-masing TPS.

DENPASAR,NusaBali
DPC Partai Gerindra Kota Denpasar menyiapkan saksi berlipat di TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Pemilu 2024 mendatang. Ketua DPC Gerindra Denpasar, Ida Bagus Yoga Adi Putra alias Gus Yoga di konfirmasi NusaBali di Denpasar, Senin (15/5) mengatakan, pada Pemilu 2019, menjadi pengalaman berharga bagi Gerindra dalam pengawalan suara. 

Menurut Gus Yoga, salah satu kegagalan partai politik merebut kemenangan di pemilu ketika merebut dan mempertahankan suara. “Jadi belajar dari pengalaman kami di Pemilu 2019, maka pengawalan suara di TPS menjadi fokus kami di Pemilu 2024. Jangan sampai suara yang direbut dengan kerja keras dan perjuangan habis-habisan oleh kader ‘lenyap’ di TPS,” ujar Gus Yoga.

Kata dia, pasca pendaftaran ke KPU Denpasar, Minggu (14/5) siang kemarin, DPC Gerindra Denpasar bergerak dengan membentuk saksi di TPS. Kata dia, ada 2 orang saksi akan ditempatkan DPC Gerindra di masing-masing TPS. Untuk Pileg 2024 nanti ada 1.887 TPS di Kota Denpasar. Sehingga Gerindra menyiapkan dua kali lipat yakni 3.773 orang saksi. “Kami siapkan di setiap TPS dua orang saksi. Satu orang saksi untuk Pileg dan satu orang saksi untuk Pilpres,” ujar politisi muda asal Geriya Buruan, Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan ini.

Selain menempatkan 2 orang saksi di masing-masing TPS, DPC Gerindra Denpasar melapis kekuatan saksi dengan 5 relawan di masing-masing TPS. “Relawan ini melapis di TPS mulai dari coblosan sampai tahap penghitungan suara Pileg dan Pilpres selesai. Mereka tidak bertugas secara resmi, karena ada saksi resmi sesuai aturan. Intinya kita mengawal suara dengan maksimal, semua potensi dikerahkan,” tegas Gus Yoga.

Saat ini, menurut Gus Yoga, DPC Gerindra Denpasar sudah melakukan rekrutmen saksi dengan mengerahkan kekuatan ranting dan anak ranting. Mereka (saksi,red) adalah unsur kader partai dan ada juga relawan. “Kami memiliki pengurus sampai desa atau ranting dan banjar atau anak ranting. Rekrutmen sudah dimulai. Nanti saksi ini akan mengikuti pelatihan saksi,” ujar putra pertama dari Anggota DPR RI Dapil Bali periode 2014-2019 yang juga Deklarator Partai Gerindra Bali, almarhum Ida Bagus Putu Sukarta. 

Menurut Gus Yoga, DPC Gerindra pada Pemilu 2024 membidik 10 kursi DPRD Denpasar. Peluang 10 kursi itu diprediksi direbut di 5 daerah pemilihan. Rinciannya di Dapil Denpasar Barat I (2 kursi), Denpasar Barat II ( 2 kursi), Denpasar Utara (2 kursi), Denpasar Timur (2 kursi), Denpasar Selatan (2 kursi). Sebelumnya (Pemilu 2019,red) Gerindra berhasil merebut 4 kursi DPRD Denpasar di Dapil Denbar II (1 kursi), Denut (1 kursi), Dentim (1 kursi) dan Densel (1 kursi). Sementara untuk target kursi DPRD Bali di Dapil Denpasar, kata Gus Yoga, Gerindra mentarget minimal 1 kursi DPRD Bali. Pada Pemilu 2019, Gerindra kehilangan 1 kursi DPRD Bali di Dapil Denpasar.  “Kami memasang target 10 kursi DPRD Denpasar dan minimal 1 kursi DPRD Bali atas keyakinan adanya ‘Prabowo Effect, karena Gerindra juga mengusung Calon Presiden Pak Prabowo Subianto di Pilpres 2024 nanti,” ujar Gus Yoga.

Partai Gerindra telah melakukan pendaftaran bacaleg secara serentak di Provinsi Bali, Minggu (14/5) siang. Untuk Bacaleg DPRD Bali dilakukan pendaftaran ke KPU Bali, Jalan Cokorda Agung Tresna, Niti Mandala Denpasar yang dikomandani langsung Ketua DPD Gerindra Bali Made Muliawan Arya alias De Gadjah. Untuk di Kota Denpasar pendaftaran langsung dipimpin Ketua DPC Gerindra Denpasar Gus Yoga di KPU Denpasar, Jalan Puputan, Niti Mandala Denpasar. Sementara untuk pendaftaran di 8 Kabupaten seluruh Bali dikomando masing-masing Ketua DPC Kabupaten. Pendaftaran serentak dilakukan dengan parade budaya dengan mengerahkan para seniman. n nat

Komentar