nusabali

Polda Segera Resmikan Polisi RW/Banjar

  • www.nusabali.com-polda-segera-resmikan-polisi-rwbanjar

DENPASAR, NusaBali - Setelah dibentuk sejak awal Mei 2023 ini, Polda Bali segera meresmikan Polisi RW/Banjar pada awal Juni. Program Polisi RW/Banjar merupakan program dari Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran saat menjabat sebagai Kapolda Metrojaya.

Program tersebut dinilai sangat bagus untuk membangun kedekatan dengan masyarakat, sehingga diadopsi untuk diterapkan di seluruh Indonesia. 

Program Polisi RW/Banjar merupakan wujud Binmas Prediktif yang merupakan bentuk integralitas semua fungsi Harkamtibmas dalam mengemban tugas sebagai Polmas dalam komunitas tingkat RW atau di Bali adalah Banjar. Seperti mendengarkan keluhan masyarakat dan problem solving lainnya. Program ini juga untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri dan mengedepankan upaya preemtif dalam mewujudkan stabilitas Kamtibmas.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto dikonfirmasi, Senin (15/5) mengungkapkan ada tiga tugas Polisi RW/Banjar, yakni Polri bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan tersebut serta membantu menyelesaikan masalahnya. Polri bersama masyarakat mengatasi masalah sosial dengan tindakan preventif dan preemtif sehingga tidak menjadi masalah hukum atau mengganggu Kamtibmas. Mendukung fungsi Kepolisian lainnya untuk meningkatkan efektivitas penerangan Polisi masyarakat di setiap wilayah.

Polisi RW/Banjar ini juga memiliki konsep untuk mempermudah perlindungan, pengoyoman dan pelayanan kepada masyarakat, serta memungkinkan terjadinya interaksi antara Polri dengan masyarakat dalam memecahkan masalah bersama dan saling mengembangkan sikap yang positif, serta bersama mencegah dan menjaga situasi Kamtibmas agar selalu aman dan kondusif di wilayah tersebut.


Meski belum resmi mulai bekerja personel Polisi RW/Banjar Polresta Denpasar mulai diperkenalkan kepada para Kepala Dusun dan Kepala Lingkungan. Polisi RW/Banjar merupakan program Mabes Polri untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. 

"Hari ini saya dan personel Polisi Banjar bertatap muka di ruang rapat Kantor Desa Tegal Kertha. Tatap muka ini dihadiri langsung oleh Perbekel I Putu Trisna Jaya, para Kadus dan Kaling," ungkap Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Gusti Agung Made Ari Herawan. 

Kapolsek mengatakan Polisi Banjar ini merupakan tugas tambahan bukan tugas pokok. Diharapkan pengertian dari kaling untuk dapat bekerja sama dan saling mengenal dalam menciptakan kondisi yang diharapkan. 

Personel Polsek Denpasar Barat yang jadi Polisi Banjar sebanyak delapan orang. Mereka menempati delapan banjar di desa Tegal Kerta untuk memonitor permasalahan yang ada. 7 pol

Komentar