nusabali

Berenergi Tanpa Kopi

  • www.nusabali.com-berenergi-tanpa-kopi

Bila ingin mengurangi ketergantungan terhadap kopi, cobalah menukar kopi harian dengan salah satu dari smoothies kaya energi ini.

Upaya lain yang dapat dilakukan agar tetap terjaga tanpa kopi :

Sering makan dalam porsi kecil. Sebuah studi yang dikeluarkan oleh American Dietic Association mengungkapkan memakan makanan dengan porsi kecil tapi sering dapat membantu meningkatkan energi tubuh dengan suplai vitamin dan mineral untuk tubuh. Pakar kesehatan percaya bahwa jeda waktu makan yang terlalu jauh dapat menurunkan tingkat gula darah ditubuh yang sangat berpengaruh kepada energi.
British Medical Journal merekomendasikan 6 kali makan sehari dengan porsi kecil dapat menjaga tingkat kolesterol tubuh.

Kurangi konsumsi daging. Mencerna daging dapat menghabiskan energi. Ini disebabkan karena daging mengandung protein sangat tinggi, dan relatif mengandung lemak lebih tinggi untuk dicerna, terlebih jika daging tersebut dimasak secara baik. Lebih lagi, kandungan hormon dan pestisida tertentu dalam daging bisa mempengaruhi tingkat energi tubuh. Tapi bukan berarti tak boleh makan daging sama sekali.

Hindari cemilan manis. Untuk mencegah letih dan tetap berenergi tanpa harus memanjakan diri dengan segelas kopi, adalah penting untuk menghindari segala macam bentuk godaan makanan manis. Ketika sore hari adalah waktu dimana tubuh sedang mengalami penurunan kadar gula darah. Biasanya, pada waktu-waktu inilah mencari makanan untuk menambah energi, dan mengkonsumsi makanan manis sangat menyenangkan di waktu sore. Cobalah untuk mengatasi godaan ini, karena gula bisa menurunkan tingkat energi.

Perbanyak konsumsi gandum. Kebanyakan orang memilih kopi dan produk mengandung kafein lainnya untuk meningkatkan energi. Padahal energi yang didapat hanya berefek sebentar, dan kebanyakan diikuti rasa lebih lelah dibanding sebelumnya. Disinilah gandum menyelamatkan, yang bermanfaat menstabilkan energi sepanjang hari.

Buah untuk perut kosong. Memakan apel atau jeruk ketika perut sedang kosong adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa kantuk dan memperoleh energi. Sifat alkali dari makanan ini dapat memberikan asupan energi untuk tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi kedua buah ini lebih sering, ketimbang mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan asam.

Makanan rendah glycemic. Makanan rendah glycemic seperti sayur-sayuran, gandum utuh, dan sebagian buah merupakan makanan yang harus dikomsumsi untuk mencegah kelesuan dipagi hari. Ketimbang ngopi pagi, cobalah untuk memulai rutinitas sehat dengan mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah kecil sebelum tidur malam. 7/beragam sumber

Komentar