nusabali

Berenergi Tanpa Kopi

  • www.nusabali.com-berenergi-tanpa-kopi

Bila ingin mengurangi ketergantungan terhadap kopi, cobalah menukar kopi harian dengan salah satu dari smoothies kaya energi ini.

Chia Seeds. Jangan percaya jika merasa hanya kopi yang langsung membangkitkan mood dalam sekejap, pasti belum coba biji chia. Chia memang tidak diminum langsung, namun menjadi taburan dalam sereal, oatmeal atau salad. Chia dipercaya memberi energi dan daya tahan tubuh seharian. Rendam biji chia dalam air hingga bentuknya menyerupai gel dan siap jadi topping sarapan favorit.

Bubuk cokelat. Makan cokelat batangan dengan bikin minuman dari biji cokelat atau biji kakao pasti beda rasanya. Begitu juga dengan khasiat yang dimiliki keduanya. Kakao punya gizi dan enegeri meski tanpa menggunakan gula. Jika ingin rasa manis seperti cokelat favorit, tambahkan saja yoghurt rasa cokelat.

Alpukat, yoghurt, kacang. Sedikit lemak sehat di pagi hari akan membuat Anda berenergi sepanjang hari. Beberapa makanan yang mengandung lemak tak jenuh ganda atau lemak baik adalah kacang, alpukat, dan yoghurt. Konsumsi kembali saat sore jika mulai merasa ngantuk dan lemas.

Jus wortel. Hampir menyerah saat kantuk menyerang di jam-jam garing? Jika biasanya jam 3 sore adalah jadwal kopi cangkir kedua, cobalah untuk menggantinya dengan jus wortel. Jika kurang suka aroma wortel, bisa dicampur dengan jeruk untuk menghilangkan aroma layu. Hindari pemakaian gula karena wortel punya pemanis alaminya. Wortel akan menghilangkan kantuk dengan cepat dan memberi energi hingga jam makan malam.

Mata selalu terasa berat setiap menjelang sore hari? Ketika energi mulai menurun, hindari mencari permen, secangkir kopi, atau minuman berenergi untuk menambah energi. Gula dan kafein mungkin akan “membangunkan” tubuh dalam sekejap, tapi setelah efeknya menghilang, Anda justru akan merasa lebih lemas dan lelah.

Yang dibutuhkan sebenarnya ini :

Sarapan. Orang-orang yang tak pernah melewatkan sarapan di pagi hari melaporkan lebih sedikit mengalami lelah dan stres dibanding mereka yang selalu melewatkan sarapan. Makanan tinggi serat seperti oatmeal, akan bertahan lebih lama di dalam tubuh ketimbang roti manis. Makanan tinggi serat akan menjauhkan rasa lapar.

Beryoga. Beberapa hasil penelitian menunjukkan yoga, yang mana memiliki berbagai postur dan teknik pernapasan dalam untuk latihan dan meditasi dapat menjadi senjata hebat untuk melawan lelah.
Dengarkan musik dan bernyanyi. Bernyanyi bisa menjadi media untuk menyalurkan emosi, yang akan menurunkan kadar hormon stres di tubuh. Jadi, nyalakan musik favorit dan bernyanyilah. 

Sebatang kayu manis. Penelitian menemukan hanya dengan menghirup aroma kayu manis dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan membuat tubuh lebih terjaga. Tak ada kayu manis? Hirup aroma mint.

Nikmati sinar matahari. Penelitian menegaskan hanya dengan berjalan beberapa menit di luar ruangan di bawah sinar matahari, dapat membangkitkan mood dan meningkatkan kemampuan ingatan untuk menyerap informasi baru. Bahkan, berjalan di luar ruangan dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

Bergaul dengan teman-teman optimis. Emosi bisa menular. Orang-orang yang selalu bersikap dan berpikiran negatif dapat menguras energi, begitupun mereka yang selalu berpikiran positif dan bersemangat dapat menjadi suntikan energi. 

Selanjutnya...

Komentar