nusabali

Badung Akan Bangun TPST di Canggu, Pakai Lahan Hibah Pemprov Bali

  • www.nusabali.com-badung-akan-bangun-tpst-di-canggu-pakai-lahan-hibah-pemprov-bali

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung baru dua Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), yaitu TPST Samtaku Jimbaran dan TPST Mengwitani.

Pada tahun ini, Pemkab Badung berencana kembali membangun TPST di wilayah Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara. Rencananya, menggunakan lahan yang bakal dihibahkan oleh Pemprov Bali kepada Pemkab Badung seluas 2,8 hektar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kabupaten Badung I Wayan Puja, membenarkan rencana membangunan TPST di wilayah Canggu. Saat ini, kata dia, pihaknya tengah memproses permohonan hibah tanah Pemprov Bali.

“Kita sedang berproses permohonan hibah tanah milik Pemprov Bali, dengan menyampaikan surat dari Bapak Bupati untuk Bapak Gubernur,” ujarnya, Senin (15/5).

Puja melanjutkan, jika proses hibah selesai, maka akan dilanjutkan dengan perencanaan anggaran yang akan dipasang di perubahan APBD 2023. Untuk tahap awal, pembangunan hanggar dianggarkan sekitar Rp 200 juta. “Nanti rencananya dua insinerator di TPST Mengwitani akan kita pindahkan ke sana,” kata Puja.

Sementara untuk TPST Mengwitani yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga, lanjut Puja, saat ini memiliki delapan insinerator. Kapasitasnya mampu membakar 15 ton sampah per hari.

Walau begitu, Puja menilai pengolahan sampah di TPST Mengwitani dinilai belum maksimal, sehingga dia mendorong rekanan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan sampah sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Disinggung terkait pembangunan TPST di Sangeh, Kecamatan Abiansemal, mantan Kabag Perlengkapan dan Perawatan (Perwat) Setda Kabupaten Badung ini menyebut akan dibangun tahun depan. “Untuk TPST Sangeh akan dibangun tahun 2024,” ujarnya. 7 ind

Komentar