nusabali

Indonesia Siap Lawan Thailand

Haykal Gantikan Pratama Arhan di Final

  • www.nusabali.com-indonesia-siap-lawan-thailand

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku akan terus mendampingi Witan Sulaeman dkk hingga laga final. Erick ingin peluang yang sudah ada dapat dimaksimalkan untuk mewujudkan target medali emas.

PHNOM PENH, NusaBali
Timnas U-22 Indonesia siap ‘luar dalam’ menghadapi Thailand dalam laga final SEA Games 2023 Kamboja di Olympic Stadium Phnom Penh, Selasa (16/5). Komang Trisnanda dkk pun siap mewujudkan target emas dan mengakhiri paceklik gelar selama 32 tahun.

Timnas U-22 tembus ke final setelah mengalahkan juara bertahan Vietnam 3-2 meski harus bermain 10 orang. Sedangkan Thailand lolos ke final setelah menumbangkan Myanmar dengan skor 3-0. Kedua laga semifinal dimainkan pada Sabtu (13/5) malam.

"Kita siap melawan siapa pun di laga final," kata pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri.

Harapan meraih medali emas dicanangkan karena Indonesia cukup lama tidak bisa meraih emas kejuaraan dua tahunan tersebut. Terakhir Timnas Garuda Muda meraih emas pada SEA Games 1991 di Manila.

Saat ini momen untuk meraihnya kembali di depan mata. Apalagi Indonesia datang dengan 20 pemain terbaik meski bakal kehilangan Pratama Arhan yang terkena kartu merah pada laga ketat melawan Vietnam di semifinal.

"Sesuai regulasi, Arhan enggak bisa main di final. Soal yang lain, soal cedera, kita belum dapat laporan lengkap dari dokter. Mudah mudahan gak ada masalah," kata Indra Sjafri menambahkan.

Sementara itu Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku akan terus mendampingi Witan Sulaeman dkk hingga laga final. Erick ingin peluang yang sudah ada dapat terus dimaksimalkan untuk mewujudkan target medali emas di Kamboja.

Sementara itu, Timnas U-22 Indonesia dalam laga final nanti  akan memasukkan Haykal Al Hafiz sebagai pengganti Pratama Arhan, yang mendapatkan kartu merah pada laga semifinal melawan Vietnam.

Kehilangan Arhan akan berpengaruh dengan formasi tim. Apalagi pemain yang merumput di Liga Jepang itu memiliki skill khusus dalam lemparan ke dalam. Bahkan umpannya sering membuah gol.

"Gak ada Arhan pun ada Haykal. Kita menganggap 20 pemain yang dibawa itu terbaik. Kita gak pernah bedakan antara Arhan dan Haykal," kata Indra Sjafri, yang mantan pelatih Bali United itu.

Haykal Al Hafiz sebelumnya mendapatkan kepercayaan Indra Sjafri menggantikan posisi Pratama Arhan saat timnas Garuda Muda menjalani laga terakhir fase grup dengan mengalahkan Kamboja 2-1.

Saat itu, Indra Sjafri juga menurunkan kipper Adi Satryo, Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Komang Teguh Trisnanda, Haykal Al Hafiz, Taufany Muslihuddin, Beckham Putra, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Irfan Jauhari, dan Titan Agung. 

Hasil tersebut jelas cukup bagus sehingga tidak perlu ada kekhawatiran pemain pengganti dalam menjalani laga final melawan Thailand. 
Terkait absennya Arhan, Indra Sjafri mengaku cukup menyayangkan. Namun semua itu tidak dipermasalahkan karena dalam pertandingan segala kemungkinan akan terjadi termasuk mendapatkan kartu.

"Dia (Arhan) sangat sedih dan sangat bersalah. Tapi saya bilang ini adalah kemenangan bersama," kata Indra Sjafri. ant

Komentar