nusabali

KPU Coret 1.092 Pemilih TMS

  • www.nusabali.com-kpu-coret-1092-pemilih-tms

AMLAPURA, NusaBali - KPU Karangasem mencoret 1.092 pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) hasil pemutakhiran data pemilih. 

Hal itu tertuang dalam Rapat Pleno Terbuka KPU Karangasem dengan agenda Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Perbaikan Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2024, di Hotel Puri Bagus Candidasa, Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Jumat (12/5).

Ketua KPU Ngurah Gede Maharaja langsung memimpin rapat, didampingi Anggota KPU/ Divisi Perencanaan Dana dan Informasi, I Gede Krisna Adhi Widana, Anggota KPU/ Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Putu Deasy Natalia, Anggota KPU/Divisi Teknis Penyelenggaraan, Putu Darma Budiasa, dan Ni Luh Kusmirayanti selaku Divisi Hukum dan Pengawasan. Hadir pula Ketua Bawaslu Karangasem, I Putu Gede Suastrawan, Ketua PPK se-Karangasem dan 18 perwakilan dari parpol peserta Pemilu 2024.

Saat rapat, komisioner secara bergantian membacakan hasil pleno DPS PPK di setiap kecamatan di Karangasem. Tidak ada kendala dan tidak ada sanggahan maupun perbaikan, sehingga jalannya rapat sekitar 30 menit.

Ketua KPU Ngurah Maharjana usai rapat memaparkan kepada awak media, bahwa banyaknya temuan pemilih yang tidak memenuhi syarat karena banyak faktor. Banyak pemilih yang pindah TPS (Tempat Pemungutan Suara), meninggal dunia, pindah domisili, berubah status jadi TNI atau Polri.
"Misalnya ada pemilih yang pindah TPS, nantinya di TPS yang baru sebagai pemilih baru, sedangkan di TPS lama statusnya sebagai pemilih tidak memenuhi syarat," jelasnya.

Dari 1.092 pemilih yang tidak memenuhi syarat terbanyak di Kecamatan Kubu sebanyak 232 pemilih, Karangasem sebanyak 158 pemilih, Bebandem sebanyak 179 pemilih, Abang sebanyak 153 pemilih, Selat sebanyak 105 pemilih, Sidemen sebanyak 95 pemilih, Rendang sebanyak 88 pemilih dan Manggis sebanyak 82 pemilih.

Tercatat di Karangasem ada sebanyak 389.496 pemilih aktif, terdiri dari 194.970 pemilih laki, dan 194.526 perempuan. Sedangkan pemilih baru 197 pemilih. Untuk Pemilu 2024 mendatang, di Karangasem akan disiapkan 1.677 TPS. K16

Komentar