nusabali

Wisdom Membludak Lewat Gilimanuk

  • www.nusabali.com-wisdom-membludak-lewat-gilimanuk

Arus penumpang yang masuk Bali lewat pintu darat dari arah barat yakni Pelabuhan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana mengalami peningkatan signifikan jelang Tahun Baru 2016. 

Dikonfirmasi NusaBali secara terpisah, Jumat kemarin, Manajer Usaha Unit Pelabuhan Gilimanuk, Sugeng Purwono, mengatakan selama arus liburan sekolah yang berdekatan dengan Natal dan Tahun Baru , buat sementara masih dioperasikan secara normal 36 kapal. Hanya saja, trip ditingkatkan khusus dari Pelabuhan Ketapang. “Buat sementara memang yang masuk ke Gilimanuk cukup banyak. Untungnya, mereka datang berceceran. Mudah-mudahan, nanti baliknya juga tidak berbarengan,” harap Sugeng.

Sementara itu, antrean di Pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem (pintu keluar masuk Bali dari arah timur) cukup padat saat Natal, 25 Desember 2015. Antrean Jumat kemarin meluber hingga di luar Pelabuhan Padangbai. Petugas Polsek Kawasan Laut Padangbai pun melakukan antisipasi dengan menjaga dari pelabuhan hingga ujung depan antrean, agar lalulintas tidak krodit.

Sedangkan dari 33 kapal yang ada, beroperasi 31 kapal, dua kapal masuk dok. Untuk aktivitas bongkar muat tetap lancar. Sebab cuaca bersahabat, langit di Selat Lombok hanya mendung. I Gusti Agung Komang Arbawa, Kasubsi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, menjelaskan hal itu di ruang kerjanya, Jumat (25/12).

Dua kapal yang masuk dok: KMP Andika Nusantara dan KMP Swarna Kartika. “Bongkar muat lancar, walau terjadi antrean, kebetulan truk-truk itu bertepatan waktunya tiba di Pelabuhan Padangbai,” katanya.

Kendaraan yang baru turun dari kapal jadi prioritas melintas keluar Pelabuhan Padangbai. Kapolsek Kawasan Laut Padangbai, Kompol I Made Darsana, yang memimpin langsung pengamanan di Pelabuhan Padangbai, dengan didampingi Wakapolsek AKP I Nengah Sudana.

Kapolsek Made Darsana juga melakukan pemantauan di dalam kapal yang belum bongkar muat di Pelabuhan padangbai. Salah satunya, KMP Putri Gianyar yang diperiksa ketat sebelum kapal bongkar muat. Namun, dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan ada penumpang maupun barang mencurigakan yang masuk Bali melalui Pelabuhan Padangbai. “Selama Operasi Lilin 2015, belum ditemukan penumpang dan barang bawaan yang mencurigakan, Aman-aman saja. Namun, petugas tetap melakukan pemantauan 24 jam,” jelas Kapolsek Made Darsana. 7 ode,k16

Komentar