nusabali

Wisdom Membludak Lewat Gilimanuk

  • www.nusabali.com-wisdom-membludak-lewat-gilimanuk

Arus penumpang yang masuk Bali lewat pintu darat dari arah barat yakni Pelabuhan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana mengalami peningkatan signifikan jelang Tahun Baru 2016. 

NEGARA, NusaBali
Jumlah penumpang yang didominasi wisatawan domestik ini terus meningkat dari hari ke hari, sejak H-3 hingga H-1 Natal, 22-24 Desember 2015.

Penumpang yang menyeberangi Selat Bali dari Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi, Jawa Timur) menuju Pelabuhan Gilimanuk (Jembrana) ini sebagian besar merupakan wisatawan domestik yang hendak menjalani libur panjang Natal dan Tahun Baru 2016 di Bali. Sebagian dari mereka datang naik bus, mobil pribadi, sebagian lagi naik kendaraan roda dua.

Data yang dihimpun NusaBali di Pelabuhan Gilimanuk, Jumat (25/12), jumlah pe-numpang yang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang pada 22 Desember (H-2 Natal) mencapai 25.484 orang. Mereka datang dengan menggunakan 4.449 unit kendaraan roda empat dan 1.315 unit kendaraan roda dua.

Sedangkan jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk pada 23 Desember (H-2 Natal) mencapai 31.759 orang. Mereka datang dengan menggunakan 4.767 unit kendaraan roda empat dan 1.961 unit kendaraan roda dua. Sementara penumpang yang turun di Pelabuhan Gilimanuk 24 Desember (H-1 Natal) mencapai 47.990 orang. Mereka datang menggunakan 6.835 unit kendaraan roda empat dan 2.705 unit kendaraan roda dua.

Jumlah penumpang yang datang naik bus maupun mobil pribadi jauh meningkat dibanding hari-hari biasanya. Sedangkan khusus untuk penumpang yang datang pakai motor (kendaraan roda dua), tidak terlalu jauh meningkat dibanding hari-hari biasanya. Yang paling jelas, penumpang yang keluar dari Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk menuju Pelabuhan Ketapang cenderung semakin lengang sejak H-3 Natal.

Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol I Nyoman Wirya Sucipta, mengakui membludaknya arus masuk Bali jelang libur panjang Natal dan Tahun Baru 2016 ini membuat kian sibuk petugas di Pos II dan Pos III Pelabuhan Gilimanuk. Setiap bus pariwisata yang datang (baru turun dari kapal) juga diwajibkan menurunkan para penumpang mereka, sebelum dijemput kembali setelah melwati Pos Pemeriksaan KTP Gilimanuk. 

“Memang sudah terjadi peningkatan arus penumpang sejak beberapa hari terakhir. Buat sementara, yang terlihat paling ramai adalah hari Kamis. Kemungkinan, sekarang (Jumat) bisa lebih ramai lagi, karena dari pagi juga bus-bus sudah padat,” ujar Kapolsek Wirya Sucipta saat dikonfirmasi NusaBali di Gilimanuk, Jumat kemarin.

Kapolsek Wirya Sucipta memperkirakan, arus balik wisatawan domistik pasca libur panjang di Bali akan mencapai puncaknya 2 Januari 2016. Pihaknya pun jauh hari sebelumnya sudah melakukan antisipasi. Ketika terjadi antrean saat arus balik wisdom nanti, setiap kendaraan kecil seperti mobil pribadi dan sepeda motor akan dialihkan menuju 3 jalan gang setelah Gelung Kori Gilimanuk. “Nanti disiapkan Gang I, Gang II, dan Gang III, sekaligus sebagai kantor parkir. Itu sebagai antisipasi, tergantung situasi nanti,” katanya.

Selanjutnya...

Komentar