nusabali

BPBD Tangani 3 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-tangani-3-pohon-tumbang
  • www.nusabali.com-bpbd-tangani-3-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali - Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menangani tiga pohon tumbang menimpa kabel milik PT PLN Persero. Sebelum penanganan, petugas berkoordinasi dengan petugas PT PLN untuk memutus aliran listrik, berlanjut pemotongan dahan dan ranting.

Penanganan tiga pohon tumbang itu terjadi di tiga lokasi berbeda, salah satunya di Banjar Pengawan, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Rabu (10/5) pukul 07.00 Wita. Kelian Banjar Dinas Pengawan I Kadek Surata yang melaporkan adanya pohon sandat panjang 30 meter, dan diameter sekitar 35 cm, tumbang menimpa kabel PT PLN dan jalan raya.

Berkat laporan itu petugas BPBD datang ke lokasi di bawah koordinasi Kepala Pelaksana BPBD Ida Bagus Ketut Arimbawa, tetapi tidak serta merta langsung melakukan penanganan. Begitu melihat pohon yang menimpa kabel milik PT PLN, maka langsung berkoordinasi dengan petugas PT PLN, petugas PT PLN kemudian melakukan pemutusan aliran listrik sementara. 

Setelah dapat instruksi, bahwa petugas BPBD aman untuk melakukan pemotongan dahan dan ranting pohon barulah hal itu mereka lakukan.
"Selama ini kami selalu berkoordinasi dengan petugas PT PLN, jika ada kabel listrik tertimpa pohon, maka mohon bantuan agar ada petugas memutus aliran listrik sementara," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Sebab, khawatir aliran listrik masih mengalir, jika melakukan pemotongan dahan dan ranting pohon bisa membahayakan. "Kami tidak ingin menanggung risiko yang membahayakan, kami menginginkan aman saat bekerja," tambahnya.

Sedangkan pohon kelapa panjang 15 meter, dan diameter 30 cm yang tumbang pukul 08.00 Wita di Banjar Batu Gunung, Desa Bukit, Kecamatan Karangasem juga menimpa kabel milik PT PLN. Kelian Banjar Dinas Batu Gunung I Made Putra Widyarta yang melaporkan ke Pos BPBD Karangasem.

Perbekel Bukit I Gusti Ngurah Widnyana mengakui, ada pohon kelapa tumbang melintang di jalan raya, juga menimpa kabel milik PT PLN. "Penanganan telah tuntas, arus lalulintas lancar," katanya.

Satu lagi pohon canging, panjang 20 meter, dan diameter 35 cm, tumbang atas laporan Kelian Banjar Dinas Telutug I Wayan Merdana di Banjar Telutug, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, juga menimpa kabel milik PT PLN.7k16

Komentar