nusabali

Jembrana Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI

  • www.nusabali.com-jembrana-kembali-raih-opini-wtp-dari-bpk-ri

NEGARA, NusaBali - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Bali menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022. Hasilnya, Kabupaten Jembrana kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

LHP diserahkan Plt Kepala Perwakilan BPK Provinsi Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira, diterima Bupati Jembrana I Nengah Tamba, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Bali, Denpasar, Selasa (9/5). Hadir dalam acara tersebut, Ketua Komisi II DPRD Jembrana I Ketut Suastika, Sekda Jembrana Made Budiasa, Inspektur Jembrana Ni Wayan Koriani, serta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah I Komang Wiasa.

Ngurah Satria menyampaikan, pemeriksaan serentak LKPD dilakukan sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006. BPK RI telah melaksanakan pemeriksaan yang ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan pemerintah kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Bali tahun anggaran 2022.  

"Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK, dapat disimpulkan bahwa penyusunan laporan keuangan pemerintah kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Bali Tahun Anggaran 2022 telah sesuai dengan standar. Sehingga BPK RI memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas seluruh laporan keuangan pemerintah kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Bali Tahun Anggaran 2022,” ucap Ngurah Satria. 

Ngurah Satria mengucapkan selamat atas pencapaian yang telah diraih. Namun hal tersebut bukan merupakan tujuan akhir, melainkan sebuah keharusan pemerintah kota dan kabupaten. Menurutnya, laporan hasil pemeriksaan itu akan lebih bermanfaat apabila diikuti dengan tindak lanjut terhadap sejumlah rekomendasi catatan BPK.

Bupati Tamba sangat bersyukur atas hasil raihan tersebut. "Saya berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Jembrana maupun DPRD, eksekutif, legislatif, termasuk juga kerja sama baik kita bersama Forkopimda. Karena sinergitas ini yang kita butuhkan. Hal ini harus kita pertahankan ke depannya,” kata Bupati Tamba.

Bupati Tamba menambahkan, apa yang telah didapat ini tidak diraih secara individual. Namun berkat adanya kerja sama dari semua pihak yang telah mengupayakan pengelolaan keuangan dengan sebaik mungkin. "Hasil yang kita dapat ini tidak bisa dikerjakan sendiri. Harus mempunyai tim yang kuat, tekad, dan niat sama untuk memajukan Kabupaten Jembrana," tandas Bupati Tamba. @ ode

Komentar