nusabali

Rumah Warga Terbakar di Legian

Diduga Korsleting Listrik, Kerugian Diperkirakan Ratusan Juta Rupiah

  • www.nusabali.com-rumah-warga-terbakar-di-legian

MANGUPURA, NusaBali - Sebuah rumah berlantai II yang terletak di Jalan Werkudara, Banjar Legian Kaja, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, terbakar pada Sabtu (6/5) malam.

Penyebab terbakarnya rumah milik warga bernama I Wayan Adi Sentana, 42, itu diduga kuat karena hubungan pendek arus listrik. Beruntung dalam insiden itu tidak ada korban jiwa.

Lurah Legian Ni Putu Eka Martini, mengatakan insiden kebakaran rumah yang ada di Jalan Werkudara pertama kali diketahui tetangga pemilik rumah. Saat itu, tetangga dan juga warga sekitar lokasi melihat kepulan asap keluar dari lantai dua rumah tersebut. Warga kemudian memberi tahu kepada korban yang kebetulan sedang berada di lantai satu rumahnya.

“Kebakaran itu terjadi pada Sabtu pukul 18.15 Wita. Seluruh penghuni rumah saat itu berada di lantai satu, sehingga tidak melihat api yang sudah mulai menjalar di lantai dua rumah mereka,” jelas Eka Martini.

Setelah diberi tahu warga, pemilik rumah kemudian naik ke lantai dua. Namun saat itu api sudah membesar dan beberapa barang berharga sudah dilalap api. Pemilik rumah dengan dibantu warga kemudian mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Tetapi api sudah terlanjur membesar.

Warga lain juga berupaya menghubungi petugas pemadam kebakaran untuk membantu menangani korban api. “Sempat dilakukan penanganan dengan menyiram api dengan air kolam. Tapi, kondisinya sudah membesar dan langsung dilaporkan ke pemadam kebakaran,” kata Eka Martini.

Petugas pemadam kebakaran yang menerim laporan langsung bergerak ke lokasi. Petugas tiba di lokasi sekitar pukul 18.40 Wita dan langsung berupaya memadamkan api. Dalam proses pemadaman, petugas mengerahkan empat unit mobil pemadam ke lokasi. Butuh sekitar satu jam, api berhasil dipadamkan.

Syukurnya, kata Martini, api tidak sempat menjalar ke lantai satu yang menjadi lokasi berjualan (art shop) milik korban. “Jadi yang terbakar itu lantai dua, tiga kamar tidur berserta isinya ludes. Api tidak menjalar ke lantai satu karena cepat ditangani,” kata Eks Martini.

Terkait penyebab kebakaran, Eka Martini menyebut diduga kuat karena korsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Hal ini dikarenakan seluruh isi di lantai dua ludes terbakar. “Pemilik rumah tidak melaporkan kasus ini ke kepolisian karena menganggap ini sebagai musibah,” tukasnya. 7 dar

Komentar