nusabali

TK Negeri Ditarget Rampung Tahun 2023

  • www.nusabali.com-tk-negeri-ditarget-rampung-tahun-2023

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) akan merampungkan semua TK negeri di Kabupaten Klungkung pada Tahun 2023 ini.

Saat ini TK negeri sudah mencapai 50 sekolah, sebanyak 9 TK lainnya masih dalam proses. Proses penegerian TK minimal harus punya lahan 3 are untuk mendapatkan dana alokasi khusus (DAK). Kurang dari 3 are maka operasional TK negeri didanai APBD. “Anak-anak tidak dipungut biaya,” ujar Kadisdikpora Klungkung, I Ketut Sujana, Kamis (4/5).

Sujana menegaskan, jika ada kegiatan tidak mampu didanai DAK atau APBD wajib diskusi dengan para orang tua untuk mencapai kesepakatan. Bila ada mengeluarkan dana, sifatnya sukarela alias tidak dipaksa. Pungutan di TK negeri sempat menjadi sorotan Wakil Ketua Komisi III DPRD Klungkung I Wayan Buda Parwata saat rapat koordinasi dengan Disdikpora Klungkung, beberapa waktu lalu. Politisi Hanura ini mengaku menemukan sekolah TK negeri yang menarik biaya ke orangtua siswa. 

Menurut Buda Parwata, penarikan dana tidak hanya terjadi di Nusa Penida, juga di Klungkung daratan. “Realita di lapangan orang tua dipanggil untuk menutupi kekurangan biaya di sekolah tersebut,” ujar Buda Parwata. 7 wan

Komentar