nusabali

Bali Sabet 1 Emas 1 Perunggu Kejurnas Menembak

Rivan Agusdinatha Lolos PON 2024

  • www.nusabali.com-bali-sabet-1-emas-1-perunggu-kejurnas-menembak

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Perbakin Bali berhasil menyabet 1 medali emas dan 1 perunggu pada Kejurnas Kasau di Lapangan Tembak Senayan Jakarta, Selasa (2/5).

Medali emas disabet di nomor  50 meter team free pistol atas nama I Putu Rivan Agusdinatha, Kadek Rico Vergian Dinatha, dan Kadek Diana Putra, sedangkan medali perunggu dipersembahkan I Putu Rivan Agusdinatha nomor 50 meter free pistol individual putra.  Dengan hasil tersebut, Perbakin Bali berhasil meloloskan Rivan meraih tiket PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut. 

Medali perak di 50 meter tim beregu putra diraih petembak asal Jatim, sedangkan untuk medali perunggu disabet tim menembak dari Jawa Barat. Sedangkan untuk medali emas di nomor 50 meter perorangan putra disabet Wira Sukmana (Lampung), dan medali perak diraih Salahuddin Al Ayubbi (Kalsel). 

Di satu sisi Rivan harus puas dengan medali perunggu, meski begitu Rivan dinyatakan lolos kualifikasi sebagai peraih tiket PON 2024 nanti.  Menurut pelatih Made Sugiantara, apa yang diraih menembak asal Perbakin Kota Denpasar itu cukup membanggakan, meskipun apa yang ditunjukkan belum hasil terbaiknya. 

Sugiantara yang biasa disapa Pak Rino ini menilai  Rivan bisa lebih bagus, jika seandainya latihannya lebih banyak sebelum turun di Kejurnas. Diakui, persiapan sangat minim jelang turun di Kejurnas.  "Kalau latihan konsisten, saya yakin hasilnya akan lebih bagus. Skornya juga akan lebih meningkat, tapi apa yang ditunjukkan saat kejurnas sudah cukup untuk merebut tiket PON 2024," terang Sugiantara. 

Dia berharap latihan ke depannya lebih diintensifkan lagi jelang pesta olahraga multi event empat tahunan antar provinsi. Optimisme itu karena yang tampil saat Kejurnas adalah petembak terbaik di daerahnya masing- masing, dan kita bersyukur dapat meraih medali emas. 

"Saya yakin skoring Rivan bisa lebih ditingkatkan lag, jika ini terjadi saya yakin akan menambah peluang meraih medali di PON nanti. Baik itu di tim maupun perorangan, peluang sangat terbuka sekali di nomor 50 meter free pistol," papar Sugiantara. 

Kata dia, saat ini yang masih menjadi kendala yakni soal volume latihan yang harus ditingkatkan, kualitas dari peluru atau pistol yang digunakan. Disebutkan, petembak asal daerah rival telah menggunakan pistol yang lebih mutakhir, sementara petembak Bali masih menggunakan prasrana yang biasa. 

Sementara itu, atlet menembak Bali yang telah meraih tiket lolos PON yakni I Kadek Rico Vergian Dinatha, Kadek Diana Putra, Savitri Mirzaeila, Dewa Putu Yadi Suteja, Luh Gede Rismayanti, dan Lily Sulistyadewi. Dengan hasil Kejurnas Kasau di Jakarta, ditambah dengan I Putu Rivan Agusdinatha. 7dek

Komentar