nusabali

Hardiknas, Jembrana Launching Perpustakaan Digital

  • www.nusabali.com-hardiknas-jembrana-launching-perpustakaan-digital

NEGARA, NusaBali - Sebagai bentuk dukungan literasi di tengah era digital saat ini, Pemkab Jembrana mengadakan perpustakaan digital di seluruh SMP negeri dan salah satu SMP swasta di Gumi Makepung.

Perpustakaan digital itu secara resmi dilaunching Bupati I Nengah Tamba di SMPN 3 Negara, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023, Selasa (2/5).

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra, menjelaskan perpustakaan digital ini juga menjadi bagian dukungan terhadap pelaksanaan smart city di Kabupaten Jembrana. Keberadaan perpustakaan digital ini mengikuti konsep kurikulum merdeka belajar. Merdeka artinya para siswa dapat belajar dari mana saja dan kapan saja. 

“Saat ini seluruh (18) SMP negeri di Kabupaten Jembrana sudah memiliki perpustakaan digital. Termasuk di 1 SMP swasta, yang di mana anggarannya diambil dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) masing-masing sekolah,” ujar Anom.

Anom menjelaskan, perpustakaan digital ini pada prinsipnya merupakan perpustakaan berbasis digital, di mana siswa dapat mengaksesnya di mana pun dan kapan pun. Dalam perpustakaan digital ini, tidak hanya berisi buku-buku pelajaran, namun juga ada berbagai buku pendukung pembelajaran dan ada juga buku-buku fiksi. "Siswa dapat mengaksesnya melalui smartphone atau laptop sehingga tidak mesti harus ke perpustakaan jika ingin membaca buku," kata Anom.

Sementara Bupati Tamba mendukung penuh adanya perpustakaan digital di sekolah-sekolah. Hal tersebut penting guna mendorong upaya belajar para siswa. "Kita dukung adanya perpustakaan digital ini. Dengan ini para siswa bisa belajar kapan pun dan di mana pun mereka berada. Sehingga akan memudahkan proses belajar-mengajar," ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba berharap dengan perpustakaan digital ini, dapat menciptakan generasi-generasi muda Jembrana yang hebat dan kompeten. "Tentu kita harapkan ini akan mampu melahirkan generasi-generasi muda Jembrana yang hebat serta memiliki daya saing dengan anak-anak daerah lainnya. Apalagi kita di Jembrana memiliki tagline Jembrana Emas 2026. Tentu ini menjadi bagian dalam mempersiapkan SDM untuk itu," ucap Bupati asal Desa Kalaikah, Kecamatan Negara ini. 7 ode

Komentar