nusabali

Tes PPPK Tenaga Teknis Sulitkan Peserta

  • www.nusabali.com-tes-pppk-tenaga-teknis-sulitkan-peserta
  • www.nusabali.com-tes-pppk-tenaga-teknis-sulitkan-peserta
  • www.nusabali.com-tes-pppk-tenaga-teknis-sulitkan-peserta

SINGARAJA, NusaBali - Hasil seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Teknis telah diumumkan pertengahan April lalu. Namun hampir sebagian dari jumlah formasi yang dibuka tahun ini belum bisa terisi. Hanya 73 formasi peserta seleksi yang terisi, dari total 141 formasi yang dibuka.

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buleleng, Made Herry Hermawan, Senin (1/5) mengatakan, jumlah peserta seleksi yang mengikuti seleksi Computer Assisted Test (CAT) sebanyak 463 orang. Seluruhnya mengikuti tes  pada 1-3 April 2023.

Sayangnya dari tes yang dilaksanakan, ratusan peserta tidak lolos. Hanya 73 formasi yang terisi. Sisanya 68 formasi yang dibuka masih kosong karena sebagian besar peserta seleksi dinyatakan tidak lolos disebabkan tidak memenuhi ambang batas kompetensi teknis.


“Memang hampir setengah dari formasi yang dibuka tidak terpenuhi. Sebagian besar peserta seleksi tidak lolos karena ambang batas terlalu tinggi. Kalau soal menurut peserta beberapa memang mengatakan cukup sulit. Nilai mereka juga kecil-kecil,” terang Herry seizin Kepala BKPSDM Buleleng I Gede Wisnawa.

Menurut Herry, dalam CAT itu seluruh peserta menghadapi soal terkait kompetensi teknis yang dilamar, manajerial, sosio kultural dan wawancara dalam satu paket tes. BKPSDM Buleleng pun memberikan kesempatan kepada peserta yang tidak lolos seleksi untuk mengajukan sanggahan. Panitia Seleksi Daerah (Panselda) PPPK Tenaga Teknis Buleleng membuka layanan sanggahan pada 27-29 April 2023.

“Selama tiga hari kami menerima 31 sanggahan dari peserta seleksi, rencananya Rabu ini (3/4) akan dibahas oleh Panselda, nanti akan diberikan jawaban atas sanggahan yang diajukan, termasuk nanti akan diputuskan apakah sanggahan diterima atau tidak,” imbuh Herry. 7k23

Komentar