nusabali

The Bali Climbers Gaungkan Reboisasi, Ajak Masyarakat Menanam di Puncak Mangu

  • www.nusabali.com-the-bali-climbers-gaungkan-reboisasi-ajak-masyarakat-menanam-di-puncak-mangu

TABANAN, NusaBali - Setelah melakukan gerakan reboisasi atau penanaman pohon untuk meminimalisir longsor di Gunung Batukaru yang berlokasi di Kecamatan Penebel, Tabanan, komunitas The Bali Climbers akan menyasar ke Gunung Catur pada 7 Mei mendatang.

Kegiatan di gunung berlokasi di Kecamatan Pelaga, Kabupaten Badung tersebut, tetap akan menggaungkan reboisasi. Penanaman akan dilakukan di Puncak Mangu, atau tepatnya di bekas longsoran Gunung Catur.

“Kami mengundang masyarakat, para sahabat alam dan pendaki lain untuk ikut berpartisipasi dalam rangka penanaman bibit kayu putih sebanyak 100 - 200 pohon,” kata Ketua The Bali Climbers, Ketut Widiana Yasa alias Ketut Gajah.  

Para peserta diharapkan mempersiapkan cangkul kecil atau sekop kecil, sabit, sebagai alat tanam, dan 600 ml air untuk penyiraman bibit setelah tanam di luar logistik pribadi. Untuk titik kumpul kegiatan, yakni parkiran Desa Plaga. "Ayo bergabung. Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun," ajaknya.

Sebelumnya komunitas pendaki gunung yang akan merayakan HUT Ke-2 pada 2 Mei 2023 ini telah melakukan hal serupa di beberapa kawasan gunung berbeda-beda. Diantaranya, Melangki, Baturiti Tabanan (26 Maret 2023); Gunung Sanghyang, Penebel Tabanan (2 April 2023); Cemara Geseng, Sukasada Buleleng  (9 April 2023); dan Gunung Lesung, Banjar Buleleng (16 April 2023). 7mao

Komentar