nusabali

Tabanan Hibahkan Aset ke Kementerian PUPR

  • www.nusabali.com-tabanan-hibahkan-aset-ke-kementerian-pupr

TABANAN, NusaBali - Untuk menunjang kesiapan menjadi tuan rumah pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024, Pemkab Tabanan telah mengibahkan aset lahan di area Museum Subak Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sesuai rencana di luas lahan 6 hektare tersebut Kementerian PUPR bakal membangun fasilitas Word Forum yakni Museum Air. Bahkan dari informasi dihimpun pembangunan tersebut akan dituntaskan akhir tahun 2023. 

Kepala Badan Keuangan (Bakeuda) Tabanan I Wayan Kotio mengungkapkan penyerahan aset tersebut sudah disetujui DPRD dan Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya untuk menunjang perhelatan tersebut. "Sudah disetujui melalui rekomendasi DPRD dan Bupati," ujarnya, Kamis (27/4). 

Kata dia penyerahan hibah ke Kementerian sebagai syarat untuk membangun. Supaya bangunan yang ada di aset tersebut jelas. Dan begitu nanti selesai pembangunan maka aset beserta bangunan yang ada diareal Museum Subak kembali dihibahkan ke Pemkab Tabanan. "Sama seperti pembangunan aset di Dermaga Bedugul. Jadi sebelum dibangun harus jelas dulu," katanya. 

Hanya saja Kotio tak bisa merinci apa yang dibangun di areal Museum Subak tersebut. Sebab kewenangan itu ada di Kementrian PUPR. Sementara di Bakeuda hanya bagian proses mengurus penyerahan hibah. "Sebelah mana dibangun, apa yang akan dibangun itu kewenangan pusat langsung. Karena apapun itu langsung dari pusat kita di Bakeuda mengurus hibah," tandas Kotio. 

Sebelumnya Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menyebutkan dipilihnya Tabanan menjadi tuan rumah WWF karena Tabanan lumbung beras dan pangannya Bali. Apalagi terdapat Museum Subak ciri khas Tabanan sebagai daerah agraris. Sesuai informasi yang diterima Bupati Sanjaya WWF bakal digelar bulan Mei 2024 dan dihadiri oleh 250 negara. 

Dari website Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Indonesia terpilih menjadi tuan rumah WWF ke 10 setelah berhasil memenangkan vote 30 dari total 36 suara Dewan Gubernur (Board of Governors) Word Water Council (WWC). 

Kegiatan WWF akan mengangkat tema Water For Shared Prosperity untuk menjawab tantangan dan potensi global yang diakibatkan oleh peningkatan pertumbuhan penduduk dan Urbanisasi. Diharapkan dengan digelar WWF ini dihasilkan solusi untuk menjawab permasalahan air secara global khususnya memastikan ketersediaan serta pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan. 7des

Komentar