nusabali

Usai Cuti Bersama, Guru Ajukan Perpanjangan Libur

  • www.nusabali.com-usai-cuti-bersama-guru-ajukan-perpanjangan-libur

DENPASAR, NusaBali - Usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 2023 kegiatan belajar mengajar di sekolah akan dimulai kembali Rabu (26/4) hari ini. Sebagian guru mengajukan izin perpanjangan libur karena merayakan lebaran di luar Bali.

Libur sekolah di Kota Denpasar mengikuti kebijakan cuti bersama Lebaran 2023 yang ditetapkan pemerintah. Cuti bersama ditetapkan pada 19, 20, 21, 24, dan 25 April 2023. 

Siswa kembali ke kelas, sebagian untuk persiapan mengikuti ujian semester. Pada sekolah kejuruan bahkan masih melanjutkan ujian sekolah (US) yang merupakan salah satu syarat kelulusan. 

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Denpasar Made Rida SPd, MPd, menyampaikan setelah libur panjang Lebaran 2023 tidak ada siswanya yang mengajukan izin memperpanjang liburan, khususnya siswa yang mudik ke luar Bali. Namun begitu, ada lima orang guru mengajukan izin perpanjangan libur selama tiga hari karena masih mudik. Rida mengatakan beberapa guru mengaku tinggal di pelosok Pulau Jawa. 

"Kalau guru ada yang sudah minta izin dan mereka sudah meminta izin cuti tahunan lagi tiga hari, pada 26, 27, dan 28 April," ujar Rida, Selasa (25/4). 
Menurut Rida, pihaknya tidak ingin menghalangi guru yang mengajukan izin perpanjangan libur lebaran, karena tidak mengganggu proses belajar mengajar. Sebagian besar guru yang mengajukan izin perpanjangan libur merupakan guru di kelas III. 

Rida mengatakan, pada akhir tahun ajaran 2023/2024 tidak semua kelas masih melakukan kegiatan belajar mengajar. Untuk di SMAN 1 Denpasar, kata Rida, pembelajaran masih dilakukan siswa kelas I dan II. Pembelajaran dilakukan untuk menghadapi ujian semester. 

Sementara untuk siswa kelas III sudah selesai mengikuti ujian sekolah (US), sehingga tidak lagi mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. "Mereka persiapan mengikuti tes masuk perguruan tinggi. Kebanyakan fokus mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah," kata Rida. 

Dia menambahkan, siswa kelas III juga sudah mengetahui jadwal kegiatan di sekolah yang nantinya masih harus mereka ikuti. Salah satunya pengumuman kelulusan yang akan diumumkan pada 5 Mei 2023. 

Sementara itu di sekolah kejuruan sebagian siswa masih ada yang mengikuti US. Siswa kelas III di SMK Negeri 2 Denpasar masih mengikuti ujian praktik (kompetensi) setelah sebelumnya menyelesaikan ujian teori. 

Kepala Sekolah SMKN 2 Denpasar Drs I Dewa Bagus Ketut Wartawan, menyampaikan siswa di sekolahnya juga tidak ada yang mengajukan izin perpanjangan libur lebaran. Menurutnya sebagian besar siswa Muslim di sekolahnya berasal dari Bali sehingga tidak mudik ke luar Bali. 

"Liburnya kan juga sudah cukup panjang," ujarnya. 

Sementara itu siswa kelas I mulai hari ini akan mengikuti kegiatan belajar di kelas, sedangkan untuk siswa kelas II saat ini masih mengikuti on the job training di perusahaan yang dipilih masing-masing. 

"Libur mereka menyesuaikan kebijakan perusahaan masing-masing," ungkap Dewa Wartawan mengenai siswa yang mengikuti training. 7 cr78

Komentar