nusabali

7.689 Wisatawan Menyeberang dari Pelabuhan Sanur saat Lebaran

  • www.nusabali.com-7689-wisatawan-menyeberang-dari-pelabuhan-sanur-saat-lebaran

DENPASAR, NusaBali.com - Kepulauan Nusa yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan menjadi primadona wisatawan domestik menghabiskan libur Lebaran tahun ini.

Aldi, 28, dan dua rekannya adalah salah satu rombongan wisatawan domestik yang menjadikan Kepulauan Nusa sebagai pilihan pertama untuk mengisi libur lebaran.

Ditemui di pintu masuk Pelabuhan Sanur, Denpasar pada Jumat (12/4/2024) siang, pria asal Surabaya, Jawa Timur ini mengaku bakal menghabiskan dua hari di Nusa Penida.

"Dalam rangka libur Lebaran. Kebetulan cukup dekat juga dari Surabaya, jadi kalau liburan ya ke Bali saja. Sekarang ke Nusa Penida, bakal stay dua hari, balik nanti antara 14-15 April," tutur Aldi sambil menarik koper bawaannya.

Pelabuhan Sanur sebagai hub penyeberangan dari Bali daratan ke Kepulauan Nusa memang sedang diserbu pelancong khususnya wisatawan domestik. Lalu lintas penumpang yang biasanya 3.000-5.000 orang per hari mengalami peningkatan.

Herbert EP Marpaung, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa yang juga membawahi Pelabuhan Sanur menjelaskan, 7.689 penumpang telah menyeberang ke Kepulauan Nusa, Klungkung pada arus puncak.

"Puncak keberangkatan dari Pelabuhan Sanur (ke Kepulauan Nusa) ini terjadi pada hari H (Lebaran) yaitu sebanyak 7.689 penumpang. Arus puncak ini maju sehari dari prediksi H+1," jelas Herbert ketika ditemui awak media di gate keberangkatan Pelabuhan Sanur pada Jumat siang

Kata Herbert, penumpang kapal dari Pelabuhan Sanur saat ini didominasi oleh wisatawan domestik yang ingin mengisi libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Di Pelabuhan Sanur sendiri terdapat 53 armada kapal dengan total 90-100 trip dalam sehari. Operasional penyeberangan dimulai dari pukul 06.30-17.00 WITA dengan interval 30 menit.

"Jika dibandingkan dari periode yang sama tahun lalu, tahun ini mengalami peningkatan. Tahun ini sejak H-15 pelaksanaan angkutan Lebaran, 98.309 penumpang telah menyeberang dari Pelabuhan Sanur," ungkap Herbert.

Herbert merinci, 70 persen dari puluhan ribu penumpang sejak H-15 pelaksanaan angkutan Lebaran ini menuju ke Nusa Penida. Sisanya, ke pulau lain di Kepulauan Nusa dan ada pula yang menuju ke Kepulauan Gili, Nusa Tenggara Barat.

Namun, pada periode yang sama tahun sebelumnya, tercatat 91.735 penumpang menyeberang via Pelabuhan Sanur. Sehingga, lalu lintas penumpang pada periode yang sama tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 7,17 persen.

Setelah melewati arus puncak pada hari H Lebaran yakni Rabu (10/4/2024) lalu, pada Kamis (11/4/2024), jumlah penumpang sudah mengalami penurunan menjadi 7.399 orang. Dan, pada Jumat ini hingga pukul 10.30 WITA, 5.769 tiket sudah terjual.

Keramaian lalu lintas penumpang di pelabuhan yang berlokasi di Pantai Matahari Terbit ini diprediksi masih akan berlangsung selama momen cuti/libur Lebaran tahun ini. *rat

Komentar