nusabali

45 Caleg PDIP Gianyar Jalani Tes Kesehatan

Sejumlah New Comer Tarung, Ada Perbekel hingga Bendesa

  • www.nusabali.com-45-caleg-pdip-gianyar-jalani-tes-kesehatan

GIANYAR, NusaBali - Sebanyak 45 orang bakal calon legislatif (Caleg) dari PDIP melakukan medical check up atau tes kesehatan di RSUD Sanjiwani, Gianyar, Selasa (25/4). Tes ini sebagai syarat administrasi mengikuti kontestasi politik tahun 2024 mendatang.

Kabid Umum dan Humas RSUD Sanjiwani, I Dewa Ayu Yuni Betharani menyebutkan jika tes kesehatan yang dijalani para caleg itu meliputi pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan bebas narkoba. “Total ada 45 orang caleg dari PDIP yang sudah menjalani tes kesehatan di RSUD Sanjiwani, sebanyak 43 orang melakukan tes kesehatan pada 21 April 2023, dan sisanya 2 orang melakukan tes, Selasa (25/4) hari ini (kemarin, Red),” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan jika tes kesehatan yang pertama dilakukan para caleg adalah pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan gula darah sewaktu, pemeriksaan narkoba, EKG, MMPI, dan pemeriksaan dokter spesialis interna serta dokter spesialis jiwa. “Dan seluruhnya hasilnya baik,” imbuhnya.


Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Gianyar, I Ketut Sudarsana yang dikonfirmasi terpisah menyampaikan bahwa sebanyak 45 orang bakal caleg dari PDIP Gianyar telah menjalani tes kesehatan di RSUD Sanjiwani secara serentak. “Sesuai persyaratan PKPU, jumlah caleg kita 100 persen (dari jumlah kursi) sudah mempersiapkan diri, salah satunya dengan menjalani tes kesehatan,” ungkap Ketua Fraksi PDIP DPRD Gianyar ini.

Selain menjalani tes kesehatan, para caleg juga mengurus SKCK yang juga jadi salah satu persyaratan dalam pencalonan. Sayangnya, ia mengaku belum bisa menyampaikan nama-nama dari 45 orang caleg tersebut. “Untuk urusan nama-nama, nanti partai yang akan mengumumkan. Sekarang Daftar Calon Sementara (DCS) belum keluar, masih menunggu keputusan DPP, nanti kalau sudah keluar pasti akan disampaikan,” jelasnya.

Dalam Pemilu 2024 mendatang, sebanyak 45 orang kader PDIP Gianyar akan bertarung di 7 daerah pemilihan (dapil) untuk memperebutkan kursi di DPRD Gianyar. 45 Caleg ini terdiri dari incumbent serta new comer. Para Caleg new comer dari PDIP ini tersebar di 4 daerah pemilihan (Dapil) yang ada di Gianyar. Dari data yang diperoleh, Dapil I (Kecamatan Gianyar) ada 5 orang new comer, yakni I Made Nada (Bendahara PAC), I Gusti Ayu Agung Ari Laksmi (Kader), I Ketut Simon Sukarsa (Wakil Ketua PAC), I Gusti Ngurah Winata (Ketua Ranting), dan Ni Komang Ayu Setia Dewi (Wakil Ketua PAC).


Kemudian di Dapil II (Kecamatan Blahbatuh) ada Ni Kadek Dian Utama (Kader). Lalu di Dapil III (Sukawati) ada I Wayan Ari Suthama (Sekretaris PAC), I Made Siladarma (Ketua Ranting, dan Ni Komang Ayu Una (Wakil Bendahara PAC). Serta Dapil IV (Kecamatan Tampaksiring) ada I Made Widana (Kader, Ni Ketut Warningsih (PAC) dan Cok Gde Agung Kusuma Putra (Ketua Ranting).

Sedangkan sisanya merupakan caleg incumbent yang sudah menjadi anggota DPRD Gianyar periode 2019-2024. Kemudian, dari nama-nama new comer tersebut memiliki berbagai latar belakang, mulai dari Perbekel hingga Bendesa Adat. Seperti halnya I Made Andika yang saat ini menjabat sebagai Perbekel Sayan. Kemudian ada I Wayan Ari Suthama yang saat ini menjabat sebagai Bendesa Adat Ketewel. 7 nvi

Komentar