nusabali

PO Bus Mulai ‘Jemput’ Penumpang Arus Balik

  • www.nusabali.com-po-bus-mulai-jemput-penumpang-arus-balik

DENPASAR, NusaBali - Belum ada suasana arus balik Lebaran 2023 di salah satu 'kandang' perusahaan otobus (PO) di Kota Denpasar. Suasana kantor dan tempat pemberangkatan/ketibaan PO MTrans masih tampak sepi pada Senin (24/4) siang.

PO bus melayani rute beberapa kota di Jawa Timur itu sudah tutup sejak Sabtu (22/4) atau hari pertama Idul Fitri 2023. Petugas keamanan yang berjaga, Rian, mengatakan sejak beberapa hari jelang lebaran, armada bus menuju Pulau Jawa penuh penumpang, tidak ada kursi yang kosong. 

Perusahaannya terakhir memberangkatkan penumpang ke Pulau Jawa pada Jumat (21/4) siang. Seluruh armada bus berada di Pulau Jawa setelah pemberangkatan terakhir tersebut. 

Dia mengatakan, kantornya akan mulai buka kembali pada Selasa (25/4). Meski demikian, bus-bus MTrans sudah mulai menjemput para penumpang di Pulau Jawa mulai Senin (24/4). Mereka dijadwalkan tiba pada Selasa (25/4) pagi ini. 

"Sekarang mereka berangkat dari Jawa, besok (hari ini) serempak datang pagi," kata Rian, Senin (24/4) siang di kantor MTrans di Jalan Gurita, Denpasar. 

Puncak arus balik mudik menuju Pulau Dewata memang diperkirakan terjadi pada Selasa (25/4) ini. Hal ini tidak terlepas dari jadwal libur sekolah yang berakhir pada hari ini. Besok, sekolah di Bali pada umumnya sudah mulai kembali melakukan proses belajar mengajar. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta mengatakan, puncak arus balik ke Bali diperkirakan terjadi dua kali. Selain pada Selasa (25/4) ini juga diperkirakan terjadi pada Senin (1/5) nanti. 

Foto: Tempat keberangkatan PO MTrans di Denpasar masih tutup Senin. -SURYADI

Menurut catatan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Bali dan NTB, jumlah orang menyeberang dari Bali ke Pulau Jawa khususnya, mencapai sekitar 400 ribu orang semenjak H-8 Lebaran 2023. Samsi memperkirakan arus balik mudik menuju Bali tidak akan berbeda jauh dari angka tersebut bahkan mungkin akan sedikit meningkat dari jumlah tersebut.

"Umumnya mereka datang berangsur tidak sekaligus. Setelah Posko Lebaran ditutup juga masih ada yang dating, terutama para pekerja informal," sebut Samsi dikonfirmasi, Senin (24/4).

Dishub Bali bersama pihak kepolisian, kata Samsi, sudah melakukan persiapan arus balik. Persiapan intensif perlu dilakukan lantaran pada momen ini bukan hanya arus balik yang harus diperhatikan, tapi juga wisatawan domestik yang turut membanjiri Bali selama libur panjang Lebaran 2023. 

"Kita siap, tim masih terus memantau di lapangan bersama Polda Bali. Saat ini masih ada banyak kendaraan di dalam (Bali, Red) mau nggak mau kita harus ekstra waspada, titik-titik kemacetan sudah banyak sekali terutama di Denpasar dan Badung," ungkapnya. 

Samsi mengatakan, Posko Lebaran di sejumlah titik lintasan arus mudik sebelumnya juga masih siap mendukung kelancaran arus balik mudik maupun arus wisatawan. Pun personel Dishub Bali bersama kepolisian juga masih siaga. 

"Bali crowded artinya ekonomi bergerak tapi mesti sabar-sabar. Kalau nggak perlu-perlu amat jangan keluar terutama di kota ramai sekali," tandasnya. 7 cr78

Komentar