nusabali

Nyoman Paul, Hoki dari Ikut Audisi Mendadak

Penyanyi asal Buleleng Lolos 4 Besar Indonesian Idol 2023

  • www.nusabali.com-nyoman-paul-hoki-dari-ikut-audisi-mendadak

SINGARAJA, NusaBali - Sosok Paul,21, pemuda asal Desa Anturan, Kecamatan / Kabupaten Buleleng ini sedang menjadi trending topik di media sosial. Wajah dan namanya berseliweran dan tidak susah dicari di mesin pencarian google. Video dan momen apik Paul saat bernyanyi pun berderet panjang dan selalu menarik untuk ditonton.

Bermodal wajah ganteng dan suara merdu pemilik nama lengkap Nyoman Paul Fernando Aro ini mampu menembus Top 4 Indonesian Idol musim ke-12. Pemuda blasteran Bali-Swedia ini menyebut mulusnya perjalanan bernyanyinya untuk diakui di Indonesia adalah sebuah hoki (keberuntungan). Dia mengaku mengikuti audisi Indonesian Idol dari sebuah aji mumpung.

Paul adalah anak pertama dari pasangan Rami Olavi Aro dan Kadek Sri Widari. Ayahnya berkebangsaan Swedia yang memiliki darah Finlandia bekerja sebagai pegawai perusahaan di Swedia, sedangkan ibunya berasal dari Banjar Dinas Anyar, Desa Anturan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Paul memiliki tiga saudara seibu, yakni dua kakak perempuan bernama Ni Putu Laura Jane Cindayanti dan Made Karina Duta Dwijayanti, satu adik laki-laki bernama Kadek Krisna Adi Wira Guna serta satu saudara seayah, yakni kakak perempuan bernama Saviera Poetri Alexandra Aro.

Ditemui di rumahnya saat pulang kampung libur lebaran, Jumat (21/4) pemuda berparas tampan dan berkulit putih ini sangat ramah. Didampingi ibunya Kadek Sri Widari, Paul mengaku mengikuti audisi Indonesian Idol saat sedang menghadiri acara wisuda kakaknya. “Saat itu tidak sengaja buka instagram dan ketemu banner audisi terbuka Indonesian Idol di Kebon Jeruk MNC Studio tanggal 13-14 November 2022. Waktu itu aku spontan ingin ikut, tetapi bingung cari gitar di mana akhirnya pinjam sama teman, ternyata beneran hoki,” tutur pria kelahiran 23 Juni 2001 ini.

Saat mengikuti audisi dia pun membulatkan tekadnya untuk fokus. Bahkan rela menunggu antrean dan mengikuti tahapan seleksi dari pukul 10.00 Wita-pukul 00.00 Wita. Paul menceritakan ada 4 tahapan seleksi yang harus dilaluinya mulai dari audisi 1, audisi 2, audisi final dan video both. 

Keberuntungan mulai mengejar Paul, dua hari berselang dia dihubungi penyelenggara yang menyatakan dia lolos mendapatkan gold ticket. Paul kemudian menunjukkan bakat menyanyinya di hadapan dewan juri. Lagu pertama yang dibawakannya adalah lagu Bob Marley yang berjudul Redemption Song. Saat itu dia juga diuji dewan juri untuk membawakan lagu Indonesia. 

Paul kembali mencuri perhatian juri dengan membawakan lagu berbahasa Indonesia berjudul ‘Wajah Mimpi’ yang diciptakannya sendiri. Sejak saat itu perjalanannya mengikuti ajang bergengsi penjaringan dan pencetakan penyanyi terbaik di Indonesia ini makin mujur. Hingga saat ini Paul berhasil berada di posisi Top 4, bersama tiga rekannya yang lain, yakni Salma Salsabila, Nabilah Taqqiyah dan Rony.

Alumni SMPN 1 Singaraja ini mengakui sejak kecil memang tertarik dengan musik. Paul pun pernah mengikuti lomba menyanyi antar sekolah pada masa itu. Namun bakat menyanyi dan bermain gitarnya itu dia kuasai dari menyanyi secara otodidak. Tidak ada les vokal khusus yang pernah diikuti.

Namun minat bernyanyi dan bermusiknya sempat vakum lima tahun, saat Paul harus hijrah dan melanjutkan sekolah di Swedia negara asal ayahnya Rami Olavi Aro. Sebab saat itu Paul memutuskan untuk lebih fokus di sepakbola. Dia pun kemudian melanjutkan sekolah menengah atas Västerhöjdsgymnasiet di Kota Skövde, Swedia. Kemudian pada tahun 2017, ia melanjutkan pendidikan sekolah menengah atas di NTI Gymnasiet Skövde, dan menyelesaikan studinya dalam program diploma International Baccalaureate pada bulan Juni 2020.

Foto: Nyoman Paul Fernando Aro saat tampil di atas panggung Indonesian Idol 2023. -IST

Kariernya di dunia sepakbola saat itu dimulai pada tahun 2020. Paul resmi menjadi pemain utama di klub Skovde AIK U-19. Selama memperkuat klub Skövde AIK U-19 Paul berhasil memberikan satu gelar juara untuk klubnya dalam ajang Skadevi Cup. Namun tidak berselang lama dia dipinjamkan ke klub Liga 1 Indonesia Barito Putera selama satu musim. Pemuda penghobi musik dan bola ini juga pernah memperkuat klub Kalteng Putra selama setengah musim. Lalu sempat juga bergabung dengan klub Divisi 2 Liga Indonesia, PSDS Deli Serdang pada pertengahan tahun 2022.

Hanya saja gonjang-ganjing olahraga sepakbola di Indonesia menyebabkan Paul berpikir dua kali untuk melanjutkan kariernya sebagai pemain sepakbola. Hal ini pun yang mengantarkannya mengikuti audisi Indonesian Idol musim kedua belas dengan jumlah peserta mencapai 96.000 orang di seluruh Indonesia.

Pencapaiannya saat ini pun membuat Paul tidak pernah berpuas diri. Dia menyadari harus tetap berlatih dan mengasah kemampuan. “Dulu pertama kali tampil gemetar pegang mic di atas panggung besar begitu. Tidak tahu mau mengekspresikan diri seperti apa. Maklum saja Paul tidak ada cita-cita sebagai penyanyi. Tetapi seiring berjalan waktu sekarang sudah tidak secanggung dulu,” aku Paul yang mengidolakan Ari Lasso dan Ariel Noah ini.

Dia mengaku meski masih di posisi Top 4, dia sudah direkrut oleh manajemen Star Media Nusantara (SMN). Penyuka aliran musik pop alternatif ini juga mengaku akan mendedikasikan diri untuk musik jika memang rezekinya ada di musik. Paul juga mulai menulis lagu ciptaan sendiri untuk membuktikan diri. “Aku sudah nulis 9 lagu, cuman kan belum tahu selera masyarakat seperti apa. Sekarang fokus audisi dulu,” tutur dia.

Saat liburannya di Bali Paul juga sempat bertemu Gubernur Bali Wayan Koster yang menerima kunjungannya beserta keluarga di Jaya Sabha, Denpasar pada Wraspati Umanis Ugu, Kamis (20/4) lalu. Dia memohon dukungan masyarakat Bali khususnya Gubernur Bali Wayan Koster agar langkahnya di Indonesian Idol bisa berjalan lancar dan bisa membanggakan Bali dengan berhasil meraih juara.

"Secara pribadi saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubernur yang sudah menerima kunjungan saya beserta keluarga dan mohon doa restu agar bisa meraih juara di Indonesia Idol," ungkap Paul. Lebih lanjut, doa dan dukungan masyarakat Bali dikatakan pemuda asal Buleleng ini sangat diperlukan terlebih sistem penilaiannya juga dari voting masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan sangat mendukung Nyoman Paul yang saat ini tengah berjuang di Indonesian Idol. Hal ini juga perlu dicontoh oleh generasi muda Bali lainnya. Gubernur asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini mengaku bangga atas capaian yang diraih oleh Paul.

"Bangga saya, terlebih Paul asli Buleleng. Karena saya kan dari Buleleng juga. Pokoknya sukses terus, astungkara saya pasti akan selalu dukung," ungkapnya. Terakhir, Gubernur Koster berpesan kepada Paul sebelum kembali menjalani karantina untuk masuk ke Top 3 agar terus berdoa dan sembahyang di Pura Agung Besakih terlebih saat ini bertepatan dengan Pujawali Ida Bhatara Turun Kabeh. 7 k23

Komentar