nusabali

Kondisi saat Umat Membeludak Pura Besakih, Berdesak-desakan, Pamedek Pingsan

  • www.nusabali.com-kondisi-saat-umat-membeludak-pura-besakih-berdesak-desakan-pamedek-pingsan

Dalam satu hari, ada 15 pamedek mengalami masalah Kesehatan. Terutama saat hari libur, pamedek membeludak.

AMLAPURA, NusaBali
Puluhan pamedek jatuh pingsan akibat berdesak-desakan saat antri untuk memasuki Pura Penataran Agung Besakih. Mereka pun segera ditangani petugas di Pos Kesehatan, Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih. Mereka kebanyakan pamedek Wanita  karena kelelahan.

Setelah menjalani observasi, cek tensi, kondisi pamedek normal Kembali, kemudian melanjutkan perjalanan pulang. Koordinator petugas kesehatan dari Klinik Tukad Luah, Banjar Tegal Sari, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Ni Made Sudarmi menuturkan hal itu di Pos Kesehatan, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Kamis (20/4).

Petugas kesehatan yang berjaga-jaga di Pos Kesehatan Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih tiap hari berganti-ganti. Mereka dari 12 Puskesmas dan 16 klinik se-Karangasem. Rata-rata pamedek yang ditangani petugas kesehatan karena lemas, maag, pusing, sesak napas, mual, muntah,  dan sebagian pingsan. "Dalam satu hari, ada 15 pamedek mengalami masalah Kesehatan. Terutama saat hari libur,  pamedek membeludak," jelasnya.

Pamedek yang ramai terutama pada Sabtu, Minggu, dan hari libur, termasuk cuti bersama selama seminggu pamedek sangat padat. Petugas kesehatan memberikan penanganan cek tensi, dan bantuan pernapasan, agar kondisi mereka pulih kembali.

Pamedek Ni Made Suarmini asal Banjar Nesa, Desa/Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, mengatakan, putrinya Ni Kadek Anti Kusuma Yogi mengalami sesak napas. "Karena saat hendak memasuki Pura Penataran Agung Besakih, terjadi desak-desakan," katanya.

Kadis Kesehatan Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan telah menugaskan 12 Puskesmas, dan 16 klinik di Karangasem. Mereka bertugas setiap hari secara bergantian menangani pamedek yang kesehatan bermasalah. "Kami telah tempatnya mobil ambulans, siaga 24 jam. Jika ada pamedek mengalami gangguan kesehatan, perlu penanganan lebih lanjut, agar petugas mengantar pakai ambulans ke Puskesmas Rendang atau RSUD Karangasem," katanya.

Selama ini, pamedek yang bermasalah bidang kesehatan cukup ditangani di Pos Kesehatan Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih. Sebab, keluhannya hanya ringan-ringan saja, seperti sesak napas, kelelahan, lemas, dan pinsan.

Informasi di lapangan, aparat polisi dan Satpol PP yang berjaga-jaga 24 jam mengevakuasi pemedek yang kelelahan. Selanjutnya, petugas mengontak mobil ambulans lalu mengantar pamedek ke Pos Kesehatan.  Jalur pamedek yang rawan terjadi desak-desakan biasanya, menuju Pura Pedharman, di antara Pura Penataran Agung Besakih dengan kompleks pura pedharman, atau jalur masuk ke Pura Penataran Agung Besakih.7k16

Komentar