nusabali

Ada 10 Titik Lokasi Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 H di Kabupaten Tabanan

  • www.nusabali.com-ada-10-titik-lokasi-pelaksanaan-salat-idul-fitri-1444-h-di-kabupaten-tabanan

TABANAN, NusaBali.com – Masyarakat Kabupaten Tabanan bisa Bersiap menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang tinggal menghitung jam.

Salah satunya adalah dengan mencari lokasi sholat Idul Fitri di Tabanan, terutama bagi mereka yang akan merayakannya pada hari Sabtu mendatang.

Sebelumnya, Pemerintah Republik Indonesia menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Sabtu (22/4/2023) mendatang. Penetapan ini didasarkan pada keputusan Sidang Isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis (20/4/2023) malam.

“Berdasarkan hisab di seluruh Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria MABIMS baru. Serta ketiadaan laporan melihat hilal, tadi Sidang Isbat secara mufakat telah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu (22/4/2023),” ungkapnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Bali, Abu Siri menerangkan pelaksanaan Rukyatul Hilal di Provinsi Bali berlokasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Jalan Pelabuhan Banjar Dauh Pangkung, Desa Pekutatan, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali, berjalan dengan lancar.

“Pengamatan tadi tidak terlihat sehingga keputusan kami serahkan ke Kemernterian Agama RI, sementara tinggi hilal baru 1 derajat kemudian elongasi 2 derajat,” jelasnya saat dikonfirmasi pada Kamis (20/4/2023) malam.

Lebih lanjut Abu Siri menerangkan, Kementerian Agama Provinsi Bali mencatat terdapat 293 titik tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri yang tersebar di 9 Kabupaten atau Kota.

Adapun data tempat pelaksanaan salat Idul Fitri pada Lapangan, musala, dan masjid di Kabupaten Tabanan tahun 2023 beserta nama Imam dan Khatib yaitu Yayasan Al Hijrah Sanggulan Kediri dengan Mustafa Kamal (Imam) dan Mustafa Kamal (Khotib), Masjid Agung Al Mujahidin Tabanan dengan Supriadi (Imam) dan Supriadi (Khotib), Masjid Al Muhajirin Sanggulan Kediri dengan Muhammad Hassin Khuluqi Al Hafidz (Imam) dan Yani Nur Syamsu (Khotib), Masjid Al Hidayah Candikuning dengan Khairon (Imam) dan Khairon (Khotib).

Dilanjutkan, Masjid Al Huda Kediri dengan Abdul Azis (Imam) dan Bukhari (Khotib), Mushalla Baitul Atiq Kediri dengan Suryadi Johan (Imam) dan H. Antoni (Khotib), Gedung Muhammadiyah Tabanan dengan Ust. Bariman (Imam) dan Ust. Bariman (Khotib), Masjid An Nur Penebel dengan H. Syari'in (Imam) dan H. Syari'in (Khotib), Masjid Nurul Huda Pasekan dengan Ust. H. Rif'an (Imam) dan  Ust. H. Rif'an (Khotib), Mushalla Nurul Falah Pesiapan dengan H. Ahmad Juwaji (Imam) dan H. Ahmad Juwaji (Khotib). *ris

Komentar