nusabali

Lurah dan Perbekel Bagikan Beras CPP

  • www.nusabali.com-lurah-dan-perbekel-bagikan-beras-cpp

AMLAPURA, NusaBali - 3 lurah dan 75 perbekel se-Karangasem membagikan bantuan beras CPP (Cadangan Pangan Pemerintah) untuk 41.300 KPM (keluarga penerima manfaat). Masing-masing KK per bulan mendapatkan 10 kg beras.

Lurah Karangasem I Made Ardiana Putra yang mengkoordinasikan pembagian bantuan beras untuk 1.523 KK, di Kantor Lurah Karangasem, Jalan RA Kartini Amlapura, Selasa (18/4). "Warga sebenarnya dapat bantuan beras 10 kilogram per bulan terhitung sejak Maret hingga April. Sementara kami bagikan 10 kilogram untuk tiap KK, bantuan berikutnya menyusul," katanya.

Bantuan itu dari pusat, dan nama-nama penerima bantuan langsung datangnya dari pusat. "Kami hanya membagikan bantuan itu sesuai daftar nama yang tertera," tambahnya.

Pemberitahuan untuk warga yang dapat bantuan, melalui kepala lingkungan, tersebar di 29 lingkungan. Sehingga warga penerima bantuan cepat mengetahuinya, namanya masuk daftar. Bantuan tersebut, kata dia, untuk antisipasi terjadi kerawanan pangan, karena memasuki musim panas, prediksinya nanti ada yang gagal panen.

Kepala Lingkungan Bangras Sumarno mengakui, begitu dapat pemberitahuan, warganya yang masuk daftar menerima bantuan langsung dia sosialisasikan. "Saya langsung memberitahukan kepada warga yang dapat bantuan, sedangkan yang tidak dapat, dikasi pengertian," jelas Sumarno.

Perbekel Tegallinggah, Kecamatan Karangasem I Gede Sudiarsa mengaku telah terima bantuan CPP, untuk 538 KK berasal dari lima banjar dinas, yakni Banjar Balepunduk Kaler, Banjar Balepunduk Kelod, Banjar Karang Cermen, Banjar Nyuling dan Banjar Tegallinggah. "Warga masyarakat yang telah terima PKH (program keluarga harapan) dan BPNT (bantuan pangan non tunai), kembali dapat bantuan CPP, per KK 10 kilogram beras," jelas I Gede Sudiarsa.

Secara teknis pembagian bantuan itu tidak ada kendala. Apalagi baru saja menerima bantuan PKH dan BPNT, kembali dapat bantuan beras, sangat membantu kebutuhan pangan masyarakat. Perbekel Bebandem, Kecamatan Bebandem  I Gede Partadana menerima bantuan untuk 692 KK. "Saya jadi tidak mengerti dengan kebijakan pemerintah, warga masyarakat baru saja menerima bantuan PKH dan BPNT, kembali dapat bantuan beras. Padahal masih banyak warga lain membutuhkan bantuan serupa," jelasnya.

Begitu juga Perbekel Seraya Barat, Kecamatan Karangasem I Wayan Patra Suarsa telah membagikan bantuannya untuk 758 KK. Sedangkan Perbekel Bukit, Kecamatan Karangasem I Gusti Ngurah Widnyana mengalokasikan bantuan beras untuk 752 KK.7k16

Komentar