nusabali

Pulang ke Rumah Bajang, Lalu Sujud dan Cium Kaki Orangtua

  • www.nusabali.com-pulang-ke-rumah-bajang-lalu-sujud-dan-cium-kaki-orangtua

Sebelum I Gusti Ayu Mas Sumatri putuskan maju ke Pilkada 2015 sebagai Calon Bupati Karangasem, kedua orangtuanya yakni I Gusti Lanang Gita-I Gusti Ayu Sasih yang paling awal memberi restu dan dukungan.

Ritual Khusus I Gusti Ayu Mas Sumatri Saat Momentum Peringatan Hari Ibu

AMLAPURA, NusaBali
Calon Bupati (Cabup) Karangasem 2016-2021 terpilih hasil Pilkada 2015, I Gusti Ayu Mas Sumatri, 48, punya cara tersendiri mengisi momentum Hari Ibu, 22 Desember. Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu, Selasa (22/12), IGA Mas Sumatri pulang ke kampung halaman untuk sungkem kepada kedua orangtuanya di Banjar Tabola, Desa/Kecamatan Sidemen, Karangasem.

Saat pulang ke rumah bajang (asal) di Banjar Tabola, Desa Sidemen, Selasa kemarin, IGA Mas Sumatri didampingi suami tercintanya, I Gusti Made Tusan. Mereka berangkat dari kediamannya di Banjar Gede, Kelurahan Subagan, Kota Amlapura, Kecamatan Karangasem. Mas Sumatri pulang khusus untuk menggelar ritual  bersujud di kaki kedua orangtuanya, I Gusti Lanang Gita dan I Gusti Ayu Sasih. 

Mas Sumatri sendiri merupakan anak keempat dari lima bersaudara keluarga pasangan IG lanang Gita dabn IGA Sasih. Mas Sumatri dilahirkan di Sumatra Selatan, 31 Desember 1967, ketika orangtuanya dulu tinggal di sana. 

Bagi Mas Sumatri, kedua orangtuanya ini amat berperan dalam segala hal hingga dirinya bisa menjadi seperti sekarang. Mereka pula yang pertama kali memberi restu Mas Sumatri untuk maju sebagai Calon Bupati (Cabup) ke Pilkada Karangasem 2015, berpasangan dengan I Wayan Arta Dipa di posisi Calon Wakil Bupati (Cawabup).

Mas Sumatri mengakui, sebelum dirinya memutuskan maju ke Pilkada Karangasem 2015, terlebih dulu digelar paruman (rapat) keluarga, baik dariu keluarga bajangnya di Desa Sidemen maupun keluarga suaminya di Subagan. Dari rapat keluarga akhirnya diputuskan Mas Sumatri maju ke Pilkada untuk merebut jabatan Bupati Karangasem.
“Intinya, pihak keluarga berharap melalui saya bisa muncul Bupati Karangasem dari kaum perempuan. Dan, kedua orangtua saya ini yang pertama kali memberikan restu, dukungan, tuntunan, dan doa,” ungkap Mas Sumatri kepada NusaBali di Amlapura, Selasa kemarin.

Ternyata, harapan keluarga membuahkan hasil. Meski belum resmi dinyatakan keluar sebagai pemenang Pilkada Karangasem 2015---karena masih ada gugatan sengketa Pilkada---, namun Mas Sumatri boleh dibilang sudah di ambang jadi Bupati Karangasem 2016-2021. Sebab, pasangan MasDipa (Mas Sumatri-Arta Dipa) unggul suara cukup jauh dari para pesaingnya.

Dalam Pilkada Karangasem, 9 Desember 2015, Paket MasDipa (diusung NasDem-PKPI-Hanura-Demokrat) tarung segitiga melawan pasangan I Wayan Sudirta-Ni Made Sumiati alias Paket SMS (diusung PDIP) dan I Made Sukerana-I Komang Kisid Yes alias Paket Sukses (diusung Golkar-Gerindra-PKS). Berdasarkan pleno KPU, Paket MasDipa unggul dengan meraih 104.560 suara atau dominasi 41,75 persen. 

Sedangkan Paket SMS berada di peringkat kedua dengan 77.507 suara atau 30,95 persen. Sebaliknya, Paket Sukses berada di posisi ketiga dengan 68.348 suara atau 27,29 persen. Jadii, Paket MasDipa unggul sekitar 10,8 persen suara dari Paket SMS.

Karena semua berkat restu, dukungan, tuntunan, dan doa yang diberikan pihak keluarga, selain masyarakat pendukung, maka IGA Mas Sumatri secara khusus pulang kampung menemui kedua orangtuanya, IG Lanang Gita dan IGA Sasih, untuk ritual sujud saat momentum Hari Ibu. Dalam moment pertemuannya kemarin, Mas Sumatri bersujud di hadapan kedua orangtuanya, diawali dengan mencuci kaki ayah dan ibu, selanjutnya mencium kaki mereka, dan terakhir memeluknya erat-erat.

Selanjutnya...

Komentar