nusabali

Denpasar Akhirnya Usung KBS

  • www.nusabali.com-denpasar-akhirnya-usung-kbs

Bagi PDIP, kemenangan di Pilgub Bali 2018 akan menentukan sukses mereka dalam Pileg 2019 dan Pilpres 2019

Ngurah Gede: Ketua DPD PDIP Satu-satunya Calon Gubernur


DENPASAR, NusaBali
Akhirnya, bulatlah seluruh 9 DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali usung Ketua DPD PDIP Bali, Dr Ir Wayan Koster MM, sebagai Calon Gubernur (Cagub) ke Pilgub Bali 2018. Ini setelah DPC PDIP Denpasar akhirnya tegaskan usung KBS (Koster Bali Satu) ke Pilgub Bali 2018, Minggu (11/6).

DPC PDIP Denpasar merupakan pengurus cabang terakhir yang menegaskan usung KBS ke Pilgub Bali 2018. Sedangkan 8 pengurus cabang lainnya sudah lebih dulu bulat usung KBS setahun lalu, yakni DPC PDIP Badung, DPC PDIP Tabanan, DPC PDIP Jembrana, DPC PDIP Buleleng, DPC PDIP Bangli, DPC PDIP Gianyar, DPC PDIP Klungkung, dan DPC PDIP Karangasem.

Adalah Ketua DPC PDIP Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, yang dengan tegas menyatakan KBS diusung sebagaiu Cagub Bali dalam acara ‘Sosialisasi 4 Konsensus Kebangsaan’ di Aula Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Niti Mandala Denpasar, Minggu kemarin. Ngurah Gede menegaskan, KBS merupakan satu-satunya Cagub dari PDIP ke Pilgub Bali 2018.

"Sudah kita ketahui tahun 2018 kita akan menghadapi Pilgub Bali. Ketua DPD kita (KBS) adalah satu-satunya Calon Gubernur Bali dari PDI Perjuangan. Kita harus menangkan. Apa sanggup?" pekik Ngurah Gede di hadapan 400 kader PDIP dalam acara kemarin.

Ngurah Gede yang notabene Ketua DPRD Denapasar pun meminta seluruh kader di Ibukota Provinsi untuk bekerja keras memenangkan KBS dalam Pilgub Bali, Juni 2018 mendatang. “Sebab, kemenangan KBS di Pilgub Bali 2018 akan menentukan kemenangan partai di Pileg 2019 dan Pilpres 2019,” tandas Ngurah Gede.

Ditantang seperti itu, sekitar 400 peserta sosialisasi yang terdiri dari pengurus DPC PDIP Denpasar, PAC PDIP se-Denpasar, Ranting PDIP se-Denpasar, Anak Ranting PDIP se-Denpasar, hingga Satgas PDIP dengan tegas menyatakan kesanggupannya memenangkan KBS.

Dalam acara yang juga mempilkan fragmen musikal tentang Bung Karno yang merupakan sumbangan dari DPC PDIP Gianyar kemarin, Ngurah Gede dengan berapi-api mengajak seluruh kader Banteng, khususnya di Kota Denpasar, untuk bekerja keras memenangkan KBS di Pilgub Bali 2018 nanti. Menurut Ngurah Gede, ini penting demi mempertahankan kejayaan PDIP.

Solidnya DPC PDIP Denpasar untuk memendukung dan menangkan KBS di Pilgub Bali 2018 juga terlihat dengan kehadiran pengurus partai dari semua tingkatan dari Denpasar. Mereka, antara lain, Sekretaris DPC PDIP Denpasar yang Ketua Fraksi PDIP DPRD Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa, Bendahara DPC PDIP Denpasar I Ketut Suteja Kumara, dan sejumlah anggota Fraksi PDIP DPRD Denpasar. Bahkan, tiga anggota Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Denpasar juga kompak hadir, yakni AA Adhi Ardhana, I Wayan Kariarta, dan I Gusti Putu Agung Budhiarta.

Sementara itu, KBS menyatakan berterimakasih kepada seluruh jajaran pengurus, kader, simpatisan, hingga Satgas dan pecalang DPC PDIP Denpasar, yang selama ini sangat berperan sebagai pendukung utama kegiatan-kegiatan partai di Denpasar. Menurut KBS, DPC PDIP Denpasar juga telah mengharumkan nama Bali sebagai juara dalam lomba paduan suara dan Banteng Music yang diselenggarakan DPP PDIP.

Dalam sambutannya pada acara ‘Sosialisasi 4 Konsensus Kebangsaan’ di Aula Kantor DPD PDIP Bali, Minggu kemarin, KBS secara terbuka menyatakan akan maju sebagai Calon Gubernur Bali 2018. "Saya sudah tiga periode di DPR RI, menurut saya itu lebih dari cukup. Terlahir dari keluarga yang hidupnya di bawah garis kemiskinan, saya sudah terlatih hidup keras,” tegas KBS.

“Sekarang saya ingin total ngayah sekala niskala, dengan melaksanakan ajaran Tri Sakti Bung Karno: berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berpribadian dalam bidang budaya. Ini betul-betul mau saya tegakkan untuk menata pembangunan Bali," lanjut politisi militan PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini.

KBS mengharapkan seluruh jajaran pengurus PDIP dari semua tingkatan, kader dan simpatisan di Denpasar harus solid. Politisi-akademisi bergelar Doktor Ilmu Matematika jebolan ITB Bandung ini pun memuji ketegasan Ketua DPC PDIP Denpasar I Gusti Ngurah Gede, yang dengan sigap menyatakan siap memenangkan KBS dalam Pilgub Bali 2018. "Partai kita harus besar di Bali, jangan hanya berwacana. Ayo kerja," tandas KBS.

KBS lantas meminta suruh kader yang hadir untuk berdiri dan mengepalkan tangan. "Siap memenangkan KBS!" ujar anggota Komisi X DPR RI tiga kali periode ini disambut teriakan seluruh kader dengan penuh semangat, “Siap...!”

Dengan solidnya dukungan DPC PDIP Denpasar, berarti bulat sudah suara seluruh DPC PDIP Kabupaten/Kota se-Bali usung KBS sebagai Cagub Bali ke Pilgub 2018. Sebelumnya, DPC PDIP Denpasar menjadi satu-satunya pengurus cabang yang ragu usung KBS. Muncul kemudian spekulasi, DPC PDIP Denpasar sengaja menyiapkan kendaraan untuk kader lain di luar KBS, seperti AA Gde Ngurah Puspayoga.

Dalam Pilgub Bali 2018 mendatang, KBS dipastikan akan bertarung melawan Ketua DPD I Golkar Bali, Ketut Sudikerta, yang telah direkomendasi partainya sebagai Cagub Bali. Sedangkan figur lainnya yang potensial maju sebagai Cagub Bali 2018 dari jalur parpol adalah IB Rai Dharmawijaya Mantra (kini Walikota Denpasar). Itu pun, jika Gerindra bersedia gabung dengan NasDem untuk mengusung Rai Man-tra. *nat

Komentar