nusabali

Parade Baleganjur Meriahkan HUT Puputan Klungkung

  • www.nusabali.com-parade-baleganjur-meriahkan-hut-puputan-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Parade baleganjur tingkat SD se-Kabupaten Klungkung meriahkan peringatan HUT ke 115 Puputan Klungkung dan HUT ke 31 Kota Semarapura.

Parade digelar di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Sabtu (15/4) sore. Hadir, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Bunda PAUD Klungkung Ny Ayu Suwirta dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Klungkung.

Parade baleganjur dimeriahkan oleh Gugus 3 Dawan, Gugus 2 Dawan, Gugus 1 Dawan, Gusus 1 Banjarangkan, Gugus 4 Banjarangkan, Gugus 2 Banjarangkan, Gugus 3 Banjarangkan, SDN Kamasan, Gugus 1 SDN 1 Semarapura Kangin, dan SDN 2 Semarapura Tengah. Ada juga parade drumband dari TK Negeri Desa Manduang, TK Negeri Desa Pesinggahan, TK Negeri Desa Selisihan, TK Negeri Pembina Kecamatan Dawan, TK Negeri Desa Kampung Kusamba, TK Kumara Jaya Tangkas, TK Negeri Desa Bungbungan, TK Negeri Tohpati, dan TK Nurul Huda.

Parade ini mulai dari depan Kantor Bupati Klungkung, depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, catuspata ke arah selatan, depan Toko Cahaya Melati ke barat menuju Jalan Kenanga, dan finish di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe. Sehari sebelumnya, Jumat (14/4) sore dimeriahkan parade drumband TK dan parade baleganjur SD se-Kabupaten Klungkung di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe.

Bupati Suwirta mengatakan, pada Tahun 2023 seluruh desa di Kabupaten Klungkung sudah memiliki TK negeri. Pemkab Klungkung melalui intansi terkait tidak hanya menegerikan sekolah TK, juga memberikan sarana prasarana pendukung di sekolah-sekolah TK, SD, dan SMP. Bupati Suwirta mengharapkan melalui penegerian sekolah TK, tidak akan ada sekolah TK tidak dapat murid. Kegiatan juga diisi penyerahan alat drumband kepada TK Negeri Gema Santi, TK Negeri Pembina Kecamatan Banjarangkan, TK Negeri Desa Akah, TK Negeri Desa Gelgel, TK Negeri Desa Pikat, TK Negeri Desa Tusan, dan TK Negeri Pembina Kecamatan Dawan.

Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Klungkung, I Ketut Sujana mengatakan, parade drumband TK ini untuk mewadahi kreativitas dan memberikan panggung untuk anak-anak TK supaya bisa berkreasi, berkolaborasi, dan bekerja sama. “Kami berharap kegiatan ini terus berlangsung setiap tahun,” harap Sujana. *wan

Komentar