nusabali

Kasdam Pimpin Pengambilan Sumpah 293 Prajurit

  • www.nusabali.com-kasdam-pimpin-pengambilan-sumpah-293-prajurit

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 293 siswa resmi menjadi prajurit TNI Angkatan Darat dengan menyandang pangkat Prajurit Dua (Prada) usai mengikuti pemasangan tanda pangkat dan sumpah prajurit pada Jumat (14/4) pagi.

Para prajurit muda ini dilantik setelah mengikuti pendidikan selama lima bulan di Rindam IX/Udayana. Upacara yang digelar di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono. Selain itu dihadiri oleh para pejabat utama Kodam IX/Udayana, Forkopimda Kabupaten Tabanan. Selesai upacara para prajurit remaja yang baru dilantik tersebut melakukan demonstrasi dihadapan para tamu undangan diantaranya bongkar pasang senjata, simulasi halang rintang, bela diri militer dan perkelahian sangkur.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana prosesi pelantikan dan penyumpahan merupakan momen bersejarah sebagai titik awal pengabdian prajurit sebagai Bhayangkari Negara. “Selamat kepada seluruh siswa yang telah berhasil melaksanakan pendidikan pertama dan resmi menyandang status sebagai Prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua,” ungkap Pangdam.

Para prajurit muda ini dilantik setelah 5 bulan menempuh pendidikan pertama. Selanjutnya 293 prajurit tersebut akan melaksanakan pendidikan lanjutan sesuai kecabangan masing-masing.

Berdasarkan hasil penilaian saat proses belajar mengajar Dikmata, tiga prajurit menjadi yang terbaik. Pertama, Prada Fahdilah yang akan menempuh pendidikan Kecabangan Arteleri Medan berhasil menjadi yang terbaik dengan prestasi Tri Pola Dasar Pendidikan serta meraih prestasi tertinggi bidang pengetahuan dan keterampilan.

Selanjutnya, Prada I Wayan Trisna Aditya yang masuk pada Kecabangan Kesehatan berhasil berprestasi tertinggi dibidang sikap dan perilaku. Terkahir Prada Muamar yang meraih prestasi tertinggi bidang jasmani militer nantinya akan menempuh Kecabangan Infanteri.

"Saya mengajak semua yang hadir untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hari ini kita dapat menghadiri Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat Gelombang II TA 2022 (OV)," harapnya. *pol

Komentar