nusabali

Parade Drumband TK Jadi Hiburan Masyarakat Klungkung

  • www.nusabali.com-parade-drumband-tk-jadi-hiburan-masyarakat-klungkung
  • www.nusabali.com-parade-drumband-tk-jadi-hiburan-masyarakat-klungkung
  • www.nusabali.com-parade-drumband-tk-jadi-hiburan-masyarakat-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali.com – Parade Drumband dalam rangka peringatan HUT Puputan Klungkung ke-115 dan HUT Kota Semarapura ke-31 berlangsung meriah di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Semarapura, Klungkung, Bali pada Jumat (14/4/2023) sore.

Kegiatan itu diikuti sebanyak 27 grup Drumband tingkat TK se-Kabupaten Klungkung diantaranya TK Kumara Buana Saraswati, TK Negeri Kelurahan Semarapura Tengah, TK Negeri Pembima Kabupaten Klungkung, TK Brasika Wijaya I, TK Negeri Desa Kusamba, TK Kemala Bayangkari 5 Klungkung, TK Negeri Desa Selat, TK Negeri Desa Dawan Kaler, TK Negeri Gema Santi, dan TK Negeri Desa Nyalian.

Selanjutnya, TK Negeri Pembina Kecamatan Banjarangkan, TK Negeri Desa Paksebali, TK Negeri Kelurahan Semarapura Kaja, TK Negeri Desa Dawan Kelod, TK Negeri Desan Besan, TK Negeri Desa Sulang, TK Negeri Desa Sampalan Tengah, dan TK Negeri Negeri Desa Kamasan.

Gelaran parade ini pun sekaligus dilaksanakan penyerahan bantuan alat Drumband berupa tongkat mayoret oleh Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kepada 6 (enam) TK Negeri yaitu TK Negeri Santi, TK Negeri Pembina Kecamatan Banjarangkan, TK Negeri Desa Akah, TK Negeri Desa Gelgel, TK Negeri Pikat, TK Negeri Desa Tusan, dan TK Negeri Negeri Pembina Kecamatan Dawan.

“Kami ingin memberikan hal yang berbeda. Karena selama proses pembentukan TK dari tahun 2018, tahun ini terakhir pada 2023 semua desa di Klungkung sudah memiliki TK Negeri. Itu hebatnya kami di Klungkung yang tidak dimiliki oleh kabupaten lain,” jelas Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dalam sambutannya pada Jumat (14/4/2023) sore.

Nyoman Suwirta menjelaskan, pihaknya tidak hanya me-negerikan TK saja, melainkan turut dibarengi dengan peningkatan kualitas baik sarana dan prasarananya. Sehingga dengan adanya gelaran drumband kali ini, kreativitas di masing-masing sekolah dapat tumbuh dan anak-anak senang berada di sekolah.

“Tentu ini kembali kepada masing-masing sekolah karena harapan saya tidak ada TK yang tidak dapat murid. Jadi satu desa, satu TK Negeri. Mari kita nikmati pementasan anak-anak kami ini untuk membuktikan sejauh mana sekolah bisa memanfaatkan sarana dan prasarana di sekolah mereka,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana menerangkan selain memperingati HUT Puputan Klungkung ke-115 dan HUT Kota Semarapura ke-31, gelaran parade Drumband TK ini bertujuan untuk mewadahi kreativitas dan memberikan sarana panggung untuk anak-anak TK agar bisa berkreasi, saling berkolaborasi, dan saling bekerjasama.

“Ini gelaran rutin setelah Covid-19, kami sempat vakum 3 tahun.  Semoga gelaran ini akan terus berlangsung setiap tahunnya,” tuturnya saat ditemui sebelum gelaran dimulai.

Ditanya soal kreativitas untuk jenjang SMP dan SMA, pihaknya menerangkan akan dilakukan pada gelaran yang berbeda yakni pada bulan Mei 2023 mendatang.

Sementara, antusias para peserta TK se-Kabupaten Klungkung tahun ini disebutkan Ketut Sujana sangat luar biasa. Bahkan, ia membeberkan awalnya pihaknya melakukan pembatasan peserta. Namun, karena antusias yang luar biasa, sehingga total ada 27 TK yang dilibatkan dalam gelaran ini.

“Justru kami membatasi peserta tetapi semangat mereka membeludak sehingga saya mengapresiasi semangat mereka untuk kami tampung di gelaran ini. Kami tidak memberikan dana kepada mereka, sehingga seluruh dana ditanggung sendiri dari sekolah,” bebernya.

Iya pun berharap, gelaran ini akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Namun ke depan, pihaknya akan melaksanakan lomba drumband se-Bali Timur dengan berbagai kriteria.

“Kami ke depan akan membuat lomba drumband dari berbagai kriteria. Kami juga akan open untuk Bali Timur sehingga lebih bergengsi ke depannya,” tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, gelaran Parade Drumband TK masih akan berlanjut hingga besok pada Sabtu (14/4/2023) dengan penampilan dari parade Drumband yaitu TK Negeri Desa Manduang, TK Negeri Desa Pesinggahan, TK Negeri Desa Selisihan, TK Negeri Pembina Kecamatan Dawan, TK Negeri Desa Kampung Kusamba, TK Kumara Jaua Tangkas, TK Negeri Desa Bungbungan dan TK Negeri Desa Tohpati serta TK Nurul Huda.

Lalu dilanjutkan dengan parade Baleganjur dari Gugus 3 Dawan, Gugus 2 Dawan, Gugus 1 Dawan, Gugus 1 dan 4 Banjarangkan, Gugus 2 dan 3 Banjarangkan, SD Negeri 1 Kamasan Gugus 1, SD Negeri 1 Semarapura Kangin, dan SD Negeri 2 Semarapura Tengah. *ris

Komentar