nusabali

Pementasan Gong Kebyar Saat Festival Semarapura

  • www.nusabali.com-pementasan-gong-kebyar-saat-festival-semarapura

SEMARAPURA, NusaBali - Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Cenik Klungkung Kauh (Cekuh) Desa Nyalian Kecamatan Banjarangkan dan Sekaa Gong Kebyar Dewasa Kumuda Arnawa Budaya Banjar Kangin, Desa Adat Jumpai pentas saat di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Selasa (30/4) malam.

Pementasan ini untuk memeriahkan Festival Semarapura ke-6. Penampilan kedua sekaa gong kebyar ini berhasil memukau para pengunjung.

Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Cekuh menampilkan tabuh kreasi ngeraja singa yang merupakan peringatan upacara untuk anak laki-laki yang beranjak remaja. Selanjutnya menampilkan Tari Belibis yang ciptakan oleh NLN Swasthi Wijaya Bandem pada tahun 1984. Sekaa gong kebyar Cekuh mengakhiri penampilannya dengan Dolanan Patung Tak Untung.

Sementara itu, Sekaa Gong Kebyar Dewasa Kumuda Arnawa Budaya menampilkan tabuh tiga setengah pepanggulan sikut anyar Ratu Gede Jumpai. Tabuh ini terinspirasi dari prosesi Bhatara Ratu Gede Masolah. Selanjutnya menampilkan Tari Kreasi Nadi Leak Cenik dan diakhiri dengan penampilan fragmentari I Sweca. Diceritakan tokoh I Sweca menciptakan sebuah topeng rangda yang melinggih di Pura Dalem Kekeran.

Pementasan ini disaksikan Penjabat Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika dan Ketua TP-PKK Ny Jendrika bersama Asisten Bupati, Kepala OPD lainnya serta ribuan masyarakat Klungkung yang memadati area catuspata. "Kami sangat mengapresiasi pementasan tersebut," ujar Jendrika. 7 wan

Komentar