nusabali

Tak Masuk Jalur Mudik, PT JBT Tetap Siagakan Satgas

  • www.nusabali.com-tak-masuk-jalur-mudik-pt-jbt-tetap-siagakan-satgas

MANGUPURA, NusaBali

Meski tidak masuk sebagai jalur mudik saat Lebaran, PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku pengelola jalan Tol Bali Mandara tetap menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) PT Jasamarga Bali Tol menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Hal itu bertujuan untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat, terutama dalam mengantisipasi peningkatan mobilitas arus lalu lintas (lalin).

Direktur Utama Jasamarga Bali Tol I Ketut Adiputra Karang, mengatakan pada Lebaran tahun ini kondisi lalin diproyeksikan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Hal ini dikarenakan tidak ada lagi aturan sebagai syarat perjalanan, seiring melandainya pandemi Covid-19.

“Momentum Lebaran kali ini tidak ada lagi pembatasan mobilitas masyarakat. Maka kita perkirakan akan ada peningkatan pergerakan di Tol Bali Mandara,” kata Adiputra Karang, Rabu (12/4).

Meski Tol Bali Mandara bukan menjadi jalur mudik, tetapi JBT tetap mengantisipasi peningkatan arus wisata dengan membentuk Satgas PT Jasamarga Bali Tol yang siap memberikan pelayanan optimal pada arus mudik dan wisata pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. “Terdapat beberapa aspek yang menjadi fokus utama, yakni memastikan kesiapan pelayanan operasi di gerbang tol dan sepanjang jalur tol, pemenuhan seluruh substansi Standar Pelayanan Minimal (SPM), membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol selama masa operasional layanan yang berpotensi mempengaruhi kondisi lalu lintas, mengendalikan kepadatan hingga memastikan kebersihan dan fasilitas layanan yang memadai,” jelas Adiputra Karang.

Tim dari Satgas PT Jasamarga Bali Tol juga tetap akan mengantisipasi penanganan kondisi darurat dengan tetap memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, sehingga penanganan dapat dilakukan lebih cepat. Selain kesiapan operasional, pihaknya juga menyiapkan strategi komunikasi dan manajemen informasi kepada para pengguna jalan tol, khususnya dalam menyampaikan imbauan dan panduan perjalanan.

“Saya juga menekankan kepada tim agar saling berkoodinasi dan berkolaborasi dalam melaksanakan tugasnya. Di samping itu saya juga mengharapkan agar para pengguna jalan selalu mematuhi aturan dan arahan dari para petugas tol untuk mewujudkan mudik dan wisata yang aman berkesan,” katanya. *dar

Komentar