nusabali

Dishub Buka Layanan Ramp Check Gratis

  • www.nusabali.com-dishub-buka-layanan-ramp-check-gratis

SINGARAJA, NusaBali
Jelang arus mudik lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Buleleng membuka layanan pemeriksaan kendaraan (ramp check).

Layanan pemeriksaan gratis ini tidak hanya dibuka untuk Perusahaan Otobus (PO), tetapi juga untuk kendaraan pribadi masyarakat yang akan mudik lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra ditemui Rabu (12/4) mengatakan, layanan pemeriksaan kendaraan mudik lebaran dibuka dari Selasa (11/4) sampai Selasa (18/4) mendatang. Layanan pemeriksaan kendaraan gratis ini dibuka pada jam kerja.

Namun dua hari dibuka, belum ada kendaraan yang memanfaatkan layanan gratis ini. Baik dari PO Angkutan Lebaran maupun kendaraan pribadi. “Dari empat PO yang ada di Buleleng, mereka sudah melakukan pemeriksaan di Denpasar. Kalau kami di Buleleng mungkin akan dilakukan untuk bus cadangan saja kalau dibutuhkan. Tetapi kalau di Buleleng pemudik cenderung menggunakan kendaraan pribadi,” terang Gunawan.

Dia pun menganjurkan untuk kendaraan mudik wajib diperiksakan kelaikannya. Mulai dari pengecekan rem, lampu kendaraan, lampu sein, spion hingga oli. Hal ini penting untuk memprioritaskan keselamatan lalu lintas. Dishub bersama Satlantas Polres Buleleng juga akan melakukan monitoring jalan yang menjadi perlintasan arus mudik untuk memastikan jalan laik untuk dilalui.

Sementara itu hingga Rabu kemarin, belum ada informasi terkait penyiapan kendaraan mudik gratis yang biasanya difasilitasi perbankan, perusahaan maupun pemerintah. Gunawan mengaku akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Polres Buleleng dan juga Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, untuk pengecekan kesehatan pemudik. Rencananya pos mudik lebaran akan dipusatkan di Terminal Banyuasri.

“Kami memang arahkan kendaraan mudik nanti masuk dulu ke Terminal Banyuasri. Biasanya akan ada pemeriksaan kesehatan terutama sopir, kami sedang berkoordinasi lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan,” terang Gunawan.*k23

Komentar