nusabali

Dispar Prediksi Peningkatan Wisatawan saat Libur Lebaran Capai 80-90 Persen

  • www.nusabali.com-dispar-prediksi-peningkatan-wisatawan-saat-libur-lebaran-capai-80-90-persen

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Denpasar memprediksi peningkatan wisatawan saat libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 akan mencapai 80–90 persen.

Wisatawan yang akan berlibur ke Kota Denpasar dipastikan sebagian besar adalah wisatawan domestik. Hal itu diungkapkan Kepala Dispar Kota Denpasar MA Dezire Mulyani, Selasa (11/4). Menurut Dezire, liburan dan cuti bersama saat lebaran ini banyak yang akan berwisata ke Bali khususnya wisatawan domestik.

Menurut Dezire, kunjungan wisatawan sudah diprediksi meningkat dari hari biasanya. Sebab, karyawan/pegawai yang mendapatkan libur cuti bersama sudah lama tidak bepergian selama masa pandemi Covid-19.

“Hal itu yang membuat prediksi kami meningkat dari wisatawan domestik, prediksi bisa sampai 80–90 persen,” ucap Dezire.

Dikatakannya, saat ini peningkatan wisatawan belum terlihat secara signifikan. Namun, peningkatan biasanya baru akan terjadi pada pertengahan pekan depan “Sekarang belum ada peningkatan secara signifikan, tetapi kami perkirakan peningkatan mulai terjadi pada pertengahan pekan depan,” ujarnya.

Dezire menyatakan, saat ini hunian hotel di Kota Denpasar masih dalam kisaran 50-60 persen. Dia berharap dalam libur lebaran ini okupansi bisa lebih meningkat lagi dan pelaku pariwisata bisa lebih produktif lagi.

Apalagi pelaku pariwisata saat ini baru mengalami kenaikan setelah pandemi. “Libur lebaran ini diharapkan bisa menunjang hunian hotel dan wisata lainnya. Sebab, pelaku pariwisata sudah lama memimpikan pariwisata kembali pulih seperti sebelumnya,” tandas Dezire. *mis

Komentar